Bagaimana Menangani Eksim Pada Kulit dengan Baik dan Benar? Simak dan Pahami Penjelasannya
Ilustrasi eksim pada kulit dan cara menanganinya dengan baik dan benar./Sumber foto: freepik
09:35
9 Maret 2024

Bagaimana Menangani Eksim Pada Kulit dengan Baik dan Benar? Simak dan Pahami Penjelasannya

 

 - Eczema atau eksim adalah kondisi kulit yang membuat kulit terasa gatal, kering, dan seringkali memerah hingga mengelupas.

Biasanya, eksim muncul di wajah, siku, dan belakang lutut, serta di leher dan garis rambut. Ini bisa membuat setiap individu yang mengalaminya merasa kesal dan tidak nyaman, terutama saat individu berada dalam pergaulan sosial.

Eksim mulai muncul saat individu masih kanak-kanak dan kondisinya akan membaik seiring bertambahnya usia. Meski begitu, kadang-kadang eksim bisa kambuh lagi saat dewasa.

Jika tidak diobati, eksim bisa menyebabkan risiko infeksi kulit dan membuat area kulit yang terkena eksim menjadi lebih tebal, dan pada akhirnya dapat membuat kulit terlihat lebih gelap dan tidak merata.

Eksim bisa dipicu oleh berbagai faktor, seperti genetika, alergi, suhu ekstrem, iritan, makanan tertentu, stres, dan perubahan hormon.

Faktor genetik sangat berperan kuat terhadap eksim, dan jika ada anggota keluarga dengan riwayat eksim, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami kondisi tersebut.

Selain itu, alergen seperti debu, bulu hewan, dan serbuk sari juga dapat memicu eksim. Suhu dan kelembaban yang ekstrem juga dapat memengaruhi kondisi tersebut pada kulit, serta bahan iritan seperti sabun dan parfum, juga dapat memperburuk kondisi tersebut.



Tak hanya itu saja, beberapa makanan seperti produk susu, kacang-kacangan, dan gandum juga dapat memicu eksim di kulit Anda. Bahkan, stres dan perubahan hormonal juga dapat memperburuk kondisi tersebut.

Agar kondisi tersebut tidak terjadi secara terus menerus, penting bagi Anda untuk menanganinya dengan benar agar eksim di kulit Anda bisa terkontrol dengan baik.

Dilansir dari Parkway East Hospital pada Jumat (8/3), berikut merupakan beberapa langkah untuk menanganinya agar eksim di kulit Anda dapat terkontrol dengan baik.

1. Jaga kulit Mada tetap terhidrasi

Kunci untuk mengelola eksim dengan baik adalah dengan menjaga kelembapan kulit secara konsisten.

Ketika kulit terjaga kelembapannya, barier atau pertahanan kulit tetap terjaga dengan baik, dan kemungkinan iritasi akan berkurang secara signifikan.

Pilihlah pelembap yang bebas pewangi dan hipoalergenik, dan pastikan untuk mengaplikasikannya dengan banyak setelah mandi dan sebelum tidur, sehingga kelembapan yang hilang sepanjang hari dapat tergantikan, dan kulit memiliki kesempatan yang baik untuk memperbaiki diri.



2. Terapkan kebiasaan mandi yang ramah terhadap kulit eksim

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mandi untuk mencegah eksim Anda memburuk.

• Meskipun mandi dengan air panas dapat membuat rasa gatalnya sedikit mereda, namun, sebenarnya mandi air panas dapat membuat kulit Anda semakin kering. Sehingga, memicu rasa gatal kembali lebih parah, sehingga eksim dapat bertambah buruk. Lebih baik mandi dengan air hangat saja.

• Pilihlah pembersih tubuh yang lembut dan busa mandi yang tidak terlalu keras. Sabun yang terlalu keras bisa menghilangkan minyak alami dan kelembapan kulit. Hal itu daoat membuat kondisi kulit Anda semakin buruk. Gunakan produk yang bebas sabun atau pembersih yang cocok untuk kulit sensitif.

• Hindari menggosok kulit terlalu keras dengan handuk karena ini bisa merusak kulit dan membuatnya semakin gatal. Lebih baik tepuk-tepuk kulit Anda ddngan lembut hingga kering.

• Setelah kering, berikan lagi pelembap pada kulit Anda agar kulit Anda dalam kondisi yang tetap lembap.



3. Hindari Pemicu

Meskipun Anda harus mencoba menjalani kehidupan seperti biasa, penting untuk menjauhi faktor-faktor yang bisa memperburuk eksim Anda.

• Makanan
Pelajari untuk menghindari makanan yang, berdasarkan pengalaman pribadi Anda, diketahui bisa membuat eksim Anda semakin parah.

• Sinar Matahari
Usahakan untuk tidak terlalu terpapar sinar matahari. Kulit yang terbakar sinar matahari dapat memperburuk kondisi eksim yang sudah ada.

• Alergen
Hindari paparan alergen dengan menjaga kebersihan lingkungan Anda dan mengurangi debu sebisa mungkin.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #bagaimana #menangani #eksim #pada #kulit #dengan #baik #benar #simak #pahami #penjelasannya

KOMENTAR