8 Cara Alami untuk Meningkatkan Imun Tubuh dan Menjaga Kesehatan, Nomor 6 Masih Sulit Dilakukan Banyak Orang
Ilustrasi: Warga melakukan olahraga untuk meningkatkan imun tubuh (Istimewa)
09:33
12 Januari 2024

8 Cara Alami untuk Meningkatkan Imun Tubuh dan Menjaga Kesehatan, Nomor 6 Masih Sulit Dilakukan Banyak Orang

– Imun tubuh adalah sistem kekebalan tubuh yang melindungi kita dari berbagai penyakit dan infeksi. 

Imun tubuh bekerja sama dengan sel-sel, protein, dan organ khusus untuk mengenali dan menghancurkan zat-zat asing yang bisa membahayakan tubuh, seperti virus, bakteri, atau parasit.

Namun, imun tubuh tidak selalu berhasil melawan semua ancaman. Kadang-kadang, imun tubuh bisa lemah atau rusak karena faktor-faktor seperti stres, polusi, kurang tidur, kurang olahraga, atau makanan tidak sehat.

Untuk itu, kita perlu melakukan beberapa hal untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan secara alami. Berikut adalah 8 cara alami yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan:

1. Tidur yang Cukup

Tidur adalah salah satu cara penting untuk meningkatkan imun tubuh. Saat tidur, tubuh akan memperbaiki sel-sel yang rusak dan juga membentuk sistem imun secara alami, sehingga kekebalan tubuh bisa ditingkatkan dengan baik.

Menurut sebuah jurnal penelitian yang berjudul Behaviorally Assessed Sleep and Susceptibility to the Common Cold, orang dewasa yang tidur kurang dari enam jam akan lebih mudah terkena flu dibanding orang dewasa yang tidur lebih dari enam jam sehari.

Orang dewasa memang normalnya memiliki jam tidur antara tujuh sampai delapan jam per harinya. Sedangkan anak-anak biasanya 10-12 jam per hari. 

Jika Anda mengalami masalah susah tidur, cobalah untuk melakukan meditasi, kurangi penggunaan gadget, hingga minum green tea atau peppermint tea supaya tubuh bisa rileks.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga sangat diperlukan sebagai cara meningkatkan imun tubuh. Olahraga yang dilakukan tak harus berat, anda cukup melakukan olahraga ringan hingga sedang. Untuk itu, cobalah untuk konsisten berolahraga setiap hari selama 30 menit sampai satu jam. 

Hal ini diperkuat dalam jurnal Exercise and the Regulation of Immune Functions yang mengemukakan kalau olahraga sedang bisa meningkat imun sistem dalam tubuh asalkan dilakukan secara rutin. 

Hal ini terjadi karena ketika berolahraga, tubuh akan melepaskan banyak hormon yang bisa membantu tubuh meredakan stres dan memperkuat otot.

Olahraga sedang ini seperti bersepeda, jogging, berenang, hingga lompat tali. Anda juga bisa melakukan olahraga di rumah dengan gerakan-gerakan sederhana seperti senam yoga atau stretching.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan imun tubuh. Makanan sehat mengandung nutrisi dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan sel-sel dan organ dalam tubuh.

Beberapa contoh makanan sehat yang baik untuk meningkatkan imun tubuh adalah:

Buah-buahan

Buah-buahan kaya akan vitamin C dan antioksidan lainnya yang dapat membantu melawan infeksi dan peradangan. 

Beberapa buah-buahan terbaik untuk meningkatkan imun adalah jeruk (kaya vitamin C), kiwi (kaya vitamin C dan E), nanas (kaya vitamin C), apel (kaya vitamin C), pisang (kaya antioksidan), mangga (kaya vitamin C), alpukat (kaya vitamin C), dan stroberi (kaya vitamin C).

Sayuran

Sayuran juga kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikroba dalam usus dan mencegah infeksi saluran pencernaan. Beberapa sayuran terbaik untuk meningkatkan imun adalah sayuran hijau seperti brokoli dan bayam.

4. Minum Air Putih yang Cukup. 

Pernah tidak saat anda lemas dan terlihat lesu, salah respons orang-orang di sekitar Anda adalah memberikan Anda air putih?

Hal ini karena air putih dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengeluarkan racun dari tubuh. Air putih juga membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme, yang dapat mempengaruhi kesehatan imun.

Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan untuk malas minum air putih lagi. Untuk meningkatkan imun tubuh secara alami, cukupi kebutuhan minum air putih setiap harinya.

5. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

 Antioksidan adalah senyawa yang dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yaitu molekul yang tidak stabil dan dapat menyebabkan peradangan dan penyakit. 

Beberapa contoh antioksidan yang baik untuk meningkatkan imun adalah vitamin C, vitamin E, beta karoten, flavonoid, dan polyphenol. 

Anda bisa mendapatkan antioksidan dari buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, teh hijau, cokelat hitam, dan minyak zaitun.

6. Menghindari Makanan yang Mengandung Gula Tambahan atau Pengawet Berlebih 

Makanan yang mengandung gula tambahan atau pengawet berlebih dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh yang dapat memicu resistensi insulin dan inflamasi. 

Inflamasi dapat melemahkan sistem imun dan meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, jantung koroner, stroke, dan kanker. Oleh karena itu, pilihlah makanan alami tanpa tambahan gula atau pengawet.

7. Mengonsumsi Probiotik atau Prebiotik. 

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus kita dan membantu menjaga keseimbangan mikroba dalam usus. Prebiotik adalah serat alami yang menjadi makanan bagi probiotik.

Kedua komponen ini dapat meningkatkan fungsi imun dengan cara meningkatkan produksi antibodi, menurunkan peradangan usus besar, dan mencegah infeksi saluran pencernaan.

Anda bisa mendapatkan probiotik dari yogurt fermentasi atau kefir. Anda bisa mendapatkan prebiotik dari sayuran berserat tinggi seperti wortel, brokoli, bawang putih, pisang merah dan lain lain.

8. Mengonsumsi suplemen herbal atau vitamin tertentu jika diperlukan

Beberapa suplemen herbal atau vitamin tertentu dapat membantu meningkatkan imun dengan cara memberikan nutrisi tambahan atau memiliki efek samping tertentu bagi sistem imun. 

Beberapa contoh suplemen herbal atau vitamin tertentu untuk meningkatkan imun adalah zinc (mangan), vitamin D (vitamin D3), vitamin C (asam sitrat), vitamin E (vitamin E2), selenium (selenyum), beta-glucan (kacang-kacangan), curcumin (turmeric) dan lain lain. 

Namun sebelum mengonsumsi suplemen herbal atau vitamin tertentu ini pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena ada efek samping atau interaksi dengan obat-obatan lain.

Itulah 8 cara alami untuk meningkatkan imun tubuh dan menjaga kesehatan Anda yang bisa dirangkum dalam daftar berikut:

 

- Tidur cukup

- Olahraga secara teratur

- Konsumsi makanan sehat

- Minum air putih yang cukup

- Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan

- Menghindari makanan yang mengandung gula tambahan atau pengawet berlebih

- Mengonsumsi probiotik atau prebiotik

- Mengonsumsi suplemen herbal atau vitamin tertentu jika diperlukan

Dengan melakukan cara-cara di atas secara rutin dan konsisten Anda akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan imun Anda.

 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #cara #alami #untuk #meningkatkan #imun #tubuh #menjaga #kesehatan #nomor #masih #sulit #dilakukan #banyak #orang

KOMENTAR