Ketahui 6 Manfaat Air Zamzam Bagi Kesehatan, dari Menguatkan Sela Tubuh Manusia hingga Mencegah Masalah Lambung dan Maag
Ilustrasi air zam-zam di gelas bening (Manki Kim/Unsplash)
08:46
23 Pebruari 2024

Ketahui 6 Manfaat Air Zamzam Bagi Kesehatan, dari Menguatkan Sela Tubuh Manusia hingga Mencegah Masalah Lambung dan Maag

 

 

 - Air Zamzam adalah air yang diambil dari sumur Zamzam di Mekah, Arab Saudi. Bagi umat Islam, air Zamzam diyakini sebagai air yang berasal dari sumber yang diistimewakan oleh Allah SWT, sehingga dipercaya memiliki keistimewaan, serta keberkahan saat meminumnya.

Dengan begitu, saat umat Islam melakukan ibadah haji atau umroh di Mekkah, mereka sering mengambil kesempatan untuk minum air Zamzam dan membawanya pulang sebagai hadiah atau oleh-oleh bagi keluarga dan teman-teman mereka.

Air Zamzam memiliki banyak manfaat menurut ajaran Islam. Tidak hanya itu, ilmu pengetahuan juga telah membuktikan bahwa air Zamzam memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Air Zamzam memiliki reputasi yang terkenal di seluruh dunia, karena telah disetujui memiliki keunggulannya dalam dunia kesehatan.

Dilansir dari Muslims Holy Travel pada Kamis (22/2), King Faisal Specialist Hospital & Research Centre di Riyadh menganalisis data sampel air Zamzam dan menemukan bahwa, air tersebut murni dan mengandung banyak nutrisi penting. Berikut merupakan manfaat minum air Zamzam bagi kesehatan tubuh

1. Menguatkan Sel Manusia

Air Zamzam memiliki kemampuan untuk memperkuat sel-sel di dalam tubuh manusia. Berdasarkan penelitian komprehensif yang dilakukan oleh seorang profesor Jerman di Munich, air dari sumur Zamzam dapat merevitalisasi sel-sel manusia.

2. Higienis dan Bebas dari Kuman & Bakteri

Dibandingkan dengan air lainnya, tidak ada yang bebas dari kuman dan patogen selain air Zamzam. Air Zamzam merupakan satu-satunya jenis air yang paling higienis, paling bersih, dan bebas dari polutan.

Air Zamzam tidak mengandung bakteri dan virus, serta kebersihannya tetap terjaga bahkan setelah disimpan selama bertahun-tahun.

3. Zamzam Mengandung Zat Anti-Bakteri

Berdasarkan studi penyaringan air di Arab Saudi dan Eropa, air Zamzam mengandung senyawa fluoride yang memiliki potensi untuk menghilangkan bakteri berbahaya dari air, menjadikannya jernih dan murni untuk dikonsumsi.

4. Kaya Mineral Kalsium dan Magnesium

Air dari sumur Zamzam merupakan salah satu sumur tertua yang kaya akan mineral alami. Menurut beberapa ahli kesehatan, air Zamzam memiliki konsentrasi mineral dalam jumlah tinggi. 

Kandungan mineral tersebut sebagian besar di antaranya memiliki sifat germisidal, yang berarti bahwa kandungan tersebut dapat menghancurkan patogen dan mikroorganisme.
Kandungan Kalsium dan Magnesium yang signifikan dalam air Zamzam sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem tubuh manusia, meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, serta dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh.

5. Mencegah Masalah Lambung dan Maag

Air Zamzam bersifat alkali yang dapat menetralkan kelebihan asam lambung. Sehingga, bermanfaat untuk mengurangi gejala hiperasiditas dan penyakit maag, serta telah dipercaya dapat digunakan sebagai terapi untuk berbagai jenis penyakit.  



6. Dapat meredakan demam

Air Zamzam memiliki kemampuan terhadap penyembuhan penyakit karena kandungan mineralnya yang berbeda secara signifikan, jika dibandingkan dengan banyak sumber air lainnya.    Air Zamzam mengandung banyak kalsium, magnesium, dan mineral-mineral lain yang berguna dalam membantu proses penyembuhan penyakit. Selain itu, air Zamzam juga dipercaya memiliki kemampuan untuk meredakan demam.

Editor: Kuswandi

Tag:  #ketahui #manfaat #zamzam #bagi #kesehatan #dari #menguatkan #sela #tubuh #manusia #hingga #mencegah #masalah #lambung #maag

KOMENTAR