Ingin Meningkatkan Kemampuan Otak? Coba untuk Melakukan 5 Latihan Fisik Berikut Ini, Salah Satunya Menari
Ilustrasi orang melakukan latihan fisik. (Healthtrax)
11:46
22 Oktober 2024

Ingin Meningkatkan Kemampuan Otak? Coba untuk Melakukan 5 Latihan Fisik Berikut Ini, Salah Satunya Menari

- Semakin bertambahnya usia, kemampuan otak juga menurun. Salah satu cara untuk meningkatkan ketajaman otak dalam berpikir adalah melakukan aktivitas fisik.

Pada sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam Alzheimer's & Dementia menemukan bahwa orang tua yang tetap aktif memiliki kadar protein yang lebih tinggi. Kadar protein tersebut akan meningkatkan koneksi antar neutron.

Saat melakukan aktivitas fisik, kesehatan sinapsis akan meningkat karena kantong-kantong kecil antara neutron memungkinkan mereka untuk berkomunikasi.

Dalam artikel ini akan menunjukkan lima aktivitas fisik untuk meningkatkan kemampuan otak yang dilansir AARP.

1. Latihan aerobik

Melakukan latihan aerobik secara rutin dapat meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Selain itu, hipokampus yang merupakan bagian otak untuk mengolah memori jangka panjang akan meningkat.

Setidaknya 150 menit selama seminggu, para orang yang lebih tua melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang.

Pada studi yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa orang dewasa yang melakukan aktivitas berat selama enam hingga tujuh menit akan mengalami peningkatan ingatan dan keterampilan perencanaan serta pengorganisasian.

2. Latihan beban

Penyusutan hipokampus pada orang dewasa akan dapat dicegah dengan melakukan latihan beban selama enam bulan.

Hal tersebut ditemukan dalam sebuah studi tahun 2020 dalam jurnal NeuroImage: Clinical.

Pada studi lain yang diterbitkan oleh Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa mengangkat beban dapat meningkatkan memori dan pengukuran kognisi lainnya.

Menurut Gary Small, MD, ketua psikiatri di Hackensack University Medical Center di New Jersey mengatakan bahwa saat fokus mengangkat beban, sirkuit saraf di otak akan terlatih.

3. Meditasi

Bagi yang melakukan meditasi, Anda akan meningkatkan memori verbal untuk mengingat kata-kata dan memori visual spasial yang berfungsi meningkatkan kemampuan mengingat lokasi.

"Saat kita mempelajari keterampilan baru, kita menciptakan jalur saraf baru," ucap Cathy Ciolek, presiden dewan APTA Geriatrics dan seorang terapis fisik di Wilmington, Delaware.

4. Senam tai chi

Salah satu latihan fisik yang bisa Anda lakukan adalah melakukan senam tai chi. Jika melakukannya secara rutin, bagian korteks prefrontal di otak Anda yang bermanfaat untuk berpikir tingkat tinggi akan meningkat.

Tai chi juga dapat meningkatkan penalaran, perencanaan, dan pemecahan masalah. Orang dewasa yang mengalami gangguan kognitif ringan karena demensia akan meningkatkan kemampuan kognitif.

Senam ini juga merupakan bentuk latihan fisik yang menggabungkan mental dan gerakan.

5. Menari

Menari secara rutin dapat mengurangi risiko demensia hingga 76 persen, dua kali lipat daripada membaca. Hal itu dibuktikan melalui sebuah studi dari New England Journal of Medicine.

Selain itu, dalam jurnal Current Alzheimer Research menyatakan bahwa menari dapat meningkatkan fungsi kognitif pada pasien demensia.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #ingin #meningkatkan #kemampuan #otak #coba #untuk #melakukan #latihan #fisik #berikut #salah #satunya #menari

KOMENTAR