Kenali Diet Buah dan Efek Sampingnya untuk Tubuh, Apakah Diet Buah Saja Baik untuk Kesehatan Tubuh?
Ilustrasi efek samping diet buah untuk kesehatan./Pexels
06:46
12 Oktober 2024

Kenali Diet Buah dan Efek Sampingnya untuk Tubuh, Apakah Diet Buah Saja Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Makan buah menjadi bagian dari menjalankan diet sehat. Namun, akhir-akhir ini ada diet buah-buahan yang menjadi populer. Diet ini terkenal karena patuh pada aturan ketat untuk hanya mengonsumsi buah-buahan saja.

Dikenal juga dengan diet buah, diet ini adalah diet vegan yang sangat ketat, yang memperbolehkan seseorang untuk makan buah mentah, dan tidak mengonsumsi semua produk hewani termasuk susu.

Diet ini memperbolehkan mengonsumsi sayuran, buah kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian tertentu tetapi dalam jumlah sedang.

Biasanya orang yang melakukan diet ini akan mengonsumsi buah mentah atau bahkan buah setengah matang yang baik untuk pencernaan.

Beberapa orang juga memasukkan buah kering, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran ke dalam makanan mereka.

Ini adalah pola makan nabati yang mengecualikan jenis makanan hewani. Meskipun terbatas, diet buah menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Sayangnya meskipun memiliki manfaat, diet buah-buahan dalam jangka waktu tertentu akan membuat tubuh mengalami masalah dan kekurangan nutrisi.

Dilansir dari Health Shots, inilah efek samping diet buah untuk kesehatan.

1. Kekurangan protein

Protein merupakan bahan pembangun tubuh yang membantu memperbaiki sel dan membuat sel baru. Protein penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, remaja, dan ibu hamil.

Namun, buah-buahan memiliki kandungan protein yang relatif rendah dibandingkan dengan kelompok makanan lainnya.

Jumlah protein pada buah yang tidak memadai untuk sistem tubuh dapat menyebabkan peradangan, pertumbuhan terhambat, dan kekebalan tubuh yang lemah.

2. Kandungan gula yang tinggi

Karena kalian hanya makan buah selama menjalani diet, maka kalian akan mengonsumsi lebih banyak gula yang dapat menimbulkan masalah.

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula dapat menimbulkan penyakit seperti diabetes, prediabetes, resistensi insulin, dan sindrom ovarium polikistik.

Jika kalian mengalami prediabetes atau diabetes, diet buah mungkin tidak sesuai untuk kondisi tubuh karena fruktosa dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang menyebabkan penyakit ini menjadi semakin parah.

3. Masalah kesehatan mulut

Buah-buahan yang mengandung gula dan asam alami dapat mengikis email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Hal ini seperti anak kecil yang suka makan permen dan cokelat.

Untuk itu, saat menjalani diet ini penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan baik untuk menghindari masalah ini.

4. Masalah pencernaan

Banyak buah yang kaya akan serat. Meskipun serat dalam jumlah sedang baik untuk kesehatan, terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan seperti diare, kembung, atau sakit perut.

Sebelum memulai diet ini, pertimbangkan hal ini karena buah mengandung banyak serta dan fruktosa.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kenali #diet #buah #efek #sampingnya #untuk #tubuh #apakah #diet #buah #saja #baik #untuk #kesehatan #tubuh

KOMENTAR