Deretan Buah-Buahan yang Harus Dihindari Saat perut Sedang Kosong, Bisa Memicu Masalah Pencernaan
Ilustrasi berbagai jenis buah. (Freepik)
05:58
12 Oktober 2024

Deretan Buah-Buahan yang Harus Dihindari Saat perut Sedang Kosong, Bisa Memicu Masalah Pencernaan

Buah-buahan adalah panganan yang diyakini sehat sehingga baik untuk tubuh manusia. keyakinan tersebut berdasarkan pengetahuan bahwa buah-buahan mengandung kaya nutrisi dan vitamin.

berangkat dari keyakinan tersebut, Sebagian besar orang memakan buah-buahan di pagi hari. Namun, apakah harus memakan buah di pagi hari dalam keadaan perut kosong.

Berikut deretan buah-buahan yang harus dihindari saat perut kosong, dilansir dari Indiatimes.com, pada Sabtu, (12/10):

Buah Jeruk

Jeruk sangat asam dan dapat menyebabkan refluks asam atau ketidaknyamanan pencernaan,jika dikonsumsi saat perut kosong.

Buah ini juga dapat mengiritasi lapisan lambung, terutama bagi orang dengan lambung sensitif atau masalah refluks asam.

Tomat

Meskipun secara botani tergolong buah, tomat sering digunakan sebagai sayuran. Tomat bersifat asam dan dapat menyebabkan keasaman dan nyeri ulu hati jika dimakan saat perut kosong, terutama saat mentah atau dalam jumlah banyak.

Nanas

Mengandung bromelain, enzim yang dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut atau diare jika dikonsumsi saat perut kosong. Nanas paling baik dimakan setelah makan atau dengan makanan lain.

Pisang

Meskipun pisang umumnya dapat ditoleransi dengan baik, beberapa orang mungkin mengalami kembung atau rasa tidak nyaman saat memakannya saat perut kosong karena kandungan magnesium dan kaliumnya yang tinggi, yang dapat mengganggu kesimbangan elektrolit.

Pepaya

Mengandung papain, enzim yang membantu pencernaan tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal jika dikonsumsi dalam jumlah banyak saat perut kosong. papaya paling baik dimakan dalam jumlah sedang dan sebaiknya setelah makan.

Semangka

Memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat menyebabkan kembung atau rasa tidak nyaman jika dikonsumsi saat perut kosong, terutama dalam jumlah banyak. Semangka lebih baik dinikmati sebagai bagian dari makanan atau camilan seimbang.

Apel

Kaya akan serat larut dan dapat menyebabkan kembung atau gas jika dimakan saat perut kosong, terutama jika dikonsumsi dengan kulitnya yang utuh. Lebih baik memakannya setelah makan atau sebagai bagian dari camilan seimbang.

Anggur

Mengandung Gula alami dan kandungan air yang tinggi, yang dapat menyebabkan kembung atau rasa tidak nyaman jika dimakan saat perut kosong. Anggur lebih baik dikonsumsi dengan makanan lain untuk membantu pencernaan.

Buah Beri

Seperti Stroberi, blueberry, dan rasberi umumnya aman dikonsumsi saat perut kosong dalam jumlah kecil.

Namun, kandungan seratnya yang tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung atau diare pada beberapa orang, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #deretan #buah #buahan #yang #harus #dihindari #saat #perut #sedang #kosong #bisa #memicu #masalah #pencernaan

KOMENTAR