Tips Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Batu Ginjal, Simak dan Terapkan
Ilustrasi: Penyakit batu ginjal. (UW Medicine)
18:26
4 Pebruari 2024

Tips Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Batu Ginjal, Simak dan Terapkan

- Dari penyakit yang bisa menyerang ginjal, batu ginjal adalah salah satu yang harus diwaspadai. Batu ginjal terjadi akibat pembentukan materi keras (seperti batu) yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal bisa terbentuk di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra.

Pembentukan batu ginjal dipicu oleh limbah dalam darah. Limbah ini yang bisa membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Hati-hati materi ini bisa semakin keras dan menyerupai batu seiring waktu. Hal yang perlu diwaspadai, batu ginjal yang dibiarkan tanpa penanganan, bisa memicu berbagai komplikasi serius.

Batu ginjal terjadi adanya penumpukan mineral keras dalam ginjal. Gangguan kesehatan ini menyebabkan rasa sakit yang amat sangat ketika melewati saluran kemih. Belum ada cara pasti untuk mencegah batu ginjal, namun kombinasi antara gaya hidup dan pola makan, serta beberapa pengobatan dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Terbentuknya batu ginjal umumnya baru dirasakan ketika batu ginjal bergerak atau menyumbat saluran dalam ginjal, atau ketika batu tersebut mengalir terbawa urine dari ginjal ke saluran kemih. Gejala yang mungkin timbul berupa nyeri pinggang atau punggung bawah, nyeri saat buang air kecil, nyeri di sekitar pangkal paha, urine yang berwarna merah, coklat, atau merah muda, serta mual dan muntah.

Batu ginjal merupakan hasil endapan mineral yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal dapat memicu rasa nyeri hebat ketika melewati saluran kencing. Apabila pernah mengalami batu ginjal, terdapat 5 persen kemungkinan penyakit tersebut akan kambuh kembali dalam waktu 10 tahun ke depan. Sebetulnya, belum ada cara pasti untuk mencegah batu ginjal. Kombinasi pola makan sehat, perubahan gaya hidup, serta mengkonsumsi beberapa obat mampu menurunkan resiko batu ginjal.

Dikutip dari website yankes.kemkes.go.id, perubahan gaya hidup dan pengobatan di rumah yang dapat membantu mengatasi batu saluran kemih:

1. Minum air putih di sepanjang hari

Untuk orang dengan riwayat batu ginjal, dokter biasanya menganjurkan supaya Anda mengeluarkan urine sebanyak 2,5 liter sehari. Akan diminta untuk mengukur jumlah urine yang dikeluarkan guna memastikan bahwa Anda minum cukup air. Jika tinggal di iklim panas dan kering, atau sering berolahraga, mungkin harus minum lebih banyak air untuk memproduksi cukup urine. Jika urine berwarna terang dan jernih, ini berarti kemungkinan telah minum cukup air.

2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung oksalat

Cenderung membentuk batu kalsium oksalat, dokter dapat menganjurkan untuk membatasi makanan kaya akan oksalat. Berbagai makanannya adalah buah bit, bayam, coklat, teh, dan beberapa jenis kacang.

3. Pilih diet rendah garam

Seperti yang sudah dijelaskan, makanan yang tinggi sodium dapat memicu pembentukan batu ginjal yang terjadi pada saluran kemih. Cobalah kurangi jumlah garam dengan mengonsumsi tak lebih dari 1500 mg per hari.

4. Kurangi asupan protein hewani

Terlalu banyak konsumsi protein hewani seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut dapat mengurangi kadar sitrat, zat kimia dalam urine yang dapat membantu cegah pembentukan batu. Diet tinggi protein juga bisa meningkatkan kadar asam urat.

5. Pastikan kebutuhan kalsium terpenuhi dengan baik

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium diperbolehkan. Malah, terlalu sedikit kalsium dapat menyebabkan peningkatan kadar oksalat yang akan sebabkan batu ginjal. Kalsium dalam makanan juga tidak memberikan efek pada risiko batu ginjal.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tips #gaya #hidup #sehat #untuk #cegah #batu #ginjal #simak #terapkan

KOMENTAR