Waspadai! Kematian Anak Di Bawah Usia 5 Tahun Karena Kekurangan Vitamin A, Berikut Penjelasan National Library of Medicine
Kematian Anak Di Bawah Usia 5 Tahun Karena Kekurangan Vitamin A, Berikut Penjelasan National Library of Medicine ( Nutrition International)
09:08
4 Februari 2024

Waspadai! Kematian Anak Di Bawah Usia 5 Tahun Karena Kekurangan Vitamin A, Berikut Penjelasan National Library of Medicine

- Infeksi saluran pernapasan akut atau pneumonia, merupakan penyebab utama kematian anak-anak di bawah usia lima tahun yang tinggal di negara-negara berpendapatan rendah.

Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan kekurangan vitamin A merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di banyak negara berpendapatan rendah.

Peran vitamin A berhubungan dengan gangguan fungsi imun humoral dan seluler, keratinisasi epitel pernafasan dan penurunan sekresi mukus, yang melemahkan hambatan terhadap infeksi.

Dikutip National Library of Medicine di negara-negara berpendapatan rendah, ISPA, yang sebagian besar mengalami pneumonia, merupakan penyebab utama kematian pada anak di bawah usia lima tahun.

Hal ini setara dengan kejadian tahunan sebesar 150,7 juta kasus baru, 11 hingga 20 juta (7% hingga 13%) diantaranya cukup parah sehingga memerlukan rawat inap di rumah sakit.

Tidak ada data pembanding yang tersedia untuk negara-negara berpendapatan tinggi.

Uji klinis berbasis komunitas telah dilakukan untuk menentukan apakah suplementasi vitamin A dosis tinggi secara berkala dapat mengurangi kejadian, tingkat keparahan, atau keduanya dari ISPA pada anak-anak.

Menurut Ellison (1932) hubungan antara kekurangan vitamin A dan kematian anak pertama kali diamati pada tahun 1930an ketika suplementasi vitamin A secara signifikan mengurangi angka kematian di antara pasien campak.

Dua meta-analisis Fawzi (1993) dan Glasziou (1993 ) meneliti hubungan antara suplementasi vitamin A dan penyakit menular.

Glasziou (1993 ) melaporkan bahwa vitamin A mengurangi sepertiga penyebab kematian pada anak-anak di negara-negara berpendapatan rendah.

Namun, penurunan kematian akibat penyakit pernapasan hanya terlihat pada penelitian campak. Fawzi (1993) juga melaporkan bahwa suplementasi bersifat protektif terhadap mortalitas secara keseluruhan dalam penelitian berbasis komunitas dan sangat protektif terhadap mortalitas pada pasien campak yang dirawat di rumah sakit.

Dari bukti yang ada saat ini terlihat bahwa suplementasi vitamin A mengurangi keparahan infeksi pernafasan dan komplikasi sistemik campak lainnya.

Namun, hubungan antara vitamin A dan ISPA non-campak masih belum jelas. Program Pengendalian Infeksi Saluran Pernapasan Akut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan meta-analisis untuk menilai dampak suplementasi terhadap morbiditas dan mortalitas pneumonia.

Mereka melaporkan tidak ada efek protektif atau merugikan yang konsisten terhadap angka kematian spesifik pneumonia dan tidak ada efek terhadap kejadian atau prevalensi pneumonia.

Editor: Hanny Suwin

Tag:  #waspadai #kematian #anak #bawah #usia #tahun #karena #kekurangan #vitamin #berikut #penjelasan #national #library #medicine

KOMENTAR