4 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong, Cocok untuk Sarapan dan Bermanfaat Bagi Sistem Pencernaan
Ilustrasi berbagai jenis buah. (Freepik)
15:46
11 Oktober 2024

4 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Perut Kosong, Cocok untuk Sarapan dan Bermanfaat Bagi Sistem Pencernaan

- Sarapan di waktu pagi sangatlah penting agar tubuh mendapat energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Namun, tidak semua jenis makanan baik untuk dijadikan menu breakfast.

Setiap orang memiliki hidangan favorit yang biasa mereka makan setiap pagi, misalnya nasi uduk, nasi goreng, lontong sayur, dan berbagai jenis gorengan.

Semua jenis makanan tersebut tergolong makanan berat yang tidak baik dikonsumsi saat pagi hari, karena kandungan nutrisi lebih penting daripada porsi.

Dikutip pada laman halodoc.com, sarapan yang baik harus mengandung salah satu atau lebih dari nutrisi ini, yaitu karbohidrat, protein, serat, lemak, kalori, vitamin, dan mineral.

Berikut ada beberapa jenis makanan yang cocok dijadikan menu sarapan bernutrisi:

Olahan telur
Oats
Buah-buahan
Chia seed
Jus pisang
Wafel

Mengonsumsi buah ketika perut kosong seringkali menjadi perdebatan di masyarakat, ada opini yang mengatakan bahwa hal tersebut berbahaya bagi pencernaan.

Anggapan tersebut hanyalah mitos belaka, sebaliknya buah baik dikonsumsi saat perut kosong. Hanya saja kita tidak bisa menjadinya sebagai menu utama sarapan, dimakan bersama nutrisi lain.

Apabila hanya makan buah untuk sarapan, akan menyebabkan cepat lapar. Maka dari itu, penting bagi kita mengkonsumsinya bersama makanan yang mengandung nutrisi lainnya.

Buah-buahan dipercaya sebagai salah satu sumber antoksidan bagi tubuh, selain itu kandungan air dan seratnya sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Meski semua buah baik untuk kesehatan. Namun, ada beberapa yang sangat cocok dijadikan tambahan menu sarapan, seperti yang dilansir pada laman hellosehat.com berikut ini:

Pepaya

Pepaya sejak dulu dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit. Tidak hanya bermanfaat bagi pencernaan, buah ini juga sangat baik untuk kesehatan kulit karena adanya enzim papain.

Kandungan serat, vitamin, dan antioksidan pada pepaya membantu untuk memelihara kesehatan tubuh, mencegah radang sendi serta berperan dalam peningkatan kesehatan pencernaan.

Berry

Rasanya yang khas membuat semua jenis buah beri sering dijadikan tambahan topping menu sarapan, seperti pancake dan oatmeal.

Selain itu, berry memiliki beragam manfaat, meliputi: sumber vitamin C yang dapat membantu produksi collgen, antioksidan sebagai penangkal efek radikal bebas.

Kalorinya yang rendah, serta mengandung tinggi serat bermanfaat untuk pencernaan. Pastikan untuk tidak menambahkan gula saat mengkonsumsinya, karen hal ini dapat mengurangi khasiatnya.

Pisang

Terdapat berbagai manfaat apabila menjadikan pisang sebagai menu sarapan, meliputi:

Tidak mudah lapar, karena mengandung pati resisten yang berfungsi memperlambat pergerakan usus. Dapat menurutkan tekanan darah karena tinggi kalium

Alpukat

Lemak sehat merupakan salah satu jenis nutrisi yang baik dikonsumsi saat sarapan, buah yang memiliki kandungan tersebut adalah alpukat.

Selain lemak sehat, juga memiliki beberapa kandunga lain, seperti folat, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin E yang baik untuk pencernaan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jenis #buah #yang #baik #dikonsumsi #saat #perut #kosong #cocok #untuk #sarapan #bermanfaat #bagi #sistem #pencernaan

KOMENTAR