Mengungkap Manfaat Tersembunyi Buah Kiwi, Ternyata Bisa Tingkatkan Vitalitas dalam 4 Hari, Berikut Penjelasannya!
ilustrasi kiwi. (Freepik)
10:29
1 Februari 2024

Mengungkap Manfaat Tersembunyi Buah Kiwi, Ternyata Bisa Tingkatkan Vitalitas dalam 4 Hari, Berikut Penjelasannya!

 

 

Kiwi merupakan buah dengan ciri khas berwarna cokelat pada kulitnya dan berwarna hijau pada daging buahnya ini memiliki segudang nutrisi bagi kesehatan. Kiwi mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin E, serat, dan antioksidan.

Nutrisi tersebut tentu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta meningkatkan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Selain manfaat kesehatan fisik, sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah kiwi dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

Dilansir dari ANTARA pada (1/2), baru-baru ini, peneliti mengungkap bahwa menambahkan kiwi ke dalam pola makan dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan vitalitas dalam waktu singkat, tepatnya hanya dalam empat hari.

Para peneliti di balik studi terbarunya yang dipublikasikan dalam The British Journal of Nutrition telah menganalisis data dari survei ponsel pintar yang dikumpulkan selama delapan minggu terkait intervensi diet.

Survei tersebut menyelidiki bagaimana vitalitas, suasana hati, dan kesejahteraan bisa berubah setiap harinya pada 155 orang dewasa yang memiliki kadar vitamin C rendah di dalam tubuhnya.

Setiap hari, 155 orang dewasa tersebut diberi pilihan antara suplemen vitamin C, plasebo, atau dua buah kiwi. Kemudian, mereka diminta untuk mengisi survei yang mencakup laporan tentang vitalitas, suasana hati, pertumbuhan, kualitas dan kuantitas tidur, serta tingkat aktivitas fisik.

Dalam hasil penelitian, ditemukan bahwa konsumsi buah kiwi memberikan dorongan vitalitas dan suasana hati yang signifikan dalam empat hari saja. Serta dapat memberikan hasil yang maksimal jika mengonsumsi buah kiwi sekitar 14 hingga 16 hari.

Tidak hanya itu, peserta juga mengalami peningkatan pertumbuhan yang terlihat pada hari ke-14. Sementara itu, bagi mereka yang memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, peningkatan hanya sedikit terlihat hingga hari ke-12.

"Sumber makanan utuh (buah kiwi) menunjukkan peningkatan yang lebih besar dan lebih konsisten dari waktu ke waktu dibandingkan vitamin C saja, dan peningkatan tersebut lebih nyata terjadi pada individu yang secara konsisten memiliki kadar vitamin C rendah pada awal," tulis para peneliti.

Penelitian sebelumnya menyoroti peran nutrisi, khususnya vitamin C dalam buah-buahan, dalam meningkatkan kesehatan mental. Vitamin C membantu mensintesis neurotransmiter dan hormon peptida serta mengkatalisis enzim penting untuk kesehatan otak dan suasana hati.

Namun, penelitian yang menyelidiki seberapa cepat perbaikan suasana hati setelah mengonsumsi suplemen vitamin C atau makanan utuh masih terbatas.

Dr. Ben Fletcher, penulis utama, mengungkapkan bahwa penemuan ini membuka mata akan fakta bahwa makanan dapat memengaruhi perasaan dan suasana hati seseorang dalam waktu yang relatif cepat.

"Peserta kami memiliki kesehatan mental yang relatif baik sehingga hanya memiliki sedikit ruang untuk perbaikan, namun masih melaporkan manfaat dari intervensi buah kiwi atau vitamin C,” kata Fletcher.

“Kami mendorong pendekatan holistik terhadap nutrisi dan kesejahteraan, memasukkan berbagai makanan kaya nutrisi ke dalam pola makan Anda,” pungkasnya lebih lanjut.***

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #mengungkap #manfaat #tersembunyi #buah #kiwi #ternyata #bisa #tingkatkan #vitalitas #dalam #hari #berikut #penjelasannya

KOMENTAR