Kenali 6 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui
Ilustrasi buah Delima. (Freepik)
10:05
30 Januari 2024

Kenali 6 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

 

 

Buah delima kaya akan nutrisi dan antioksidan, zat yang dapat membantu mencegah atau menunda kerusakan dalam sel.

Faktanya, berdasarkan penelitian sebelumnya, jus delima memiliki antioksidan tiga kali lebih banyak dibandingkan minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh hijau dan anggur merah.

Buah delima juga memiliki banyak nutrisi lain dan merupakan tambahan yang bagus untuk porsi buah harian.

Berikut adalah 6 manfaat buah delima yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Sifat antiinflamasi

Karena semua antioksidan tersebut, buah delima telah terbukti mengurangi peradangan sel. Dengan demikian, berdasarkan penelitian yang ditulis oleh Benedetti, dkk pada tahun 2023 yang terbit di MDPI, delima dapat berperan dalam penyakit inflamasi, seperti kolitis ulserativa, penyakit Crohn, dan rheumatoid arthritis.

2. Melindungi dari demensia

Menurut penelitian yang dilakukan Ullah, dkk pada 2023 yang terbit di Heliyon menunjukkan bahwa suplemen buah delima memiliki efek neuroprotektif yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

3. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

Dalam penelitian terhadap tikus yang dilakukan oleh Michicotl, dkk pada tahun 2021 yang terbit di MDPI, menunjukkan bahwa jus buah delima mengurangi konsentrasi LDL (kolesterol jahat) sebesar 39 persen dan menunjukkan bahwa jus delima meningkatkan konsentrasi HDL (kolesterol baik) sebesar 27 persen.

4. Menangkal diabetes tipe 2

Beberapa penelitian awal, termasuk penelitian yang dilakukan oleh Olvera, dkk pada 2022 yang terbit di MDPI menunjukkan bahwa jus buah delima memiliki efek antidiabetes dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Hal tersebut juga telah ditunjukkan dalam penelitian kecil terhadap penderita diabetes untuk mengurangi glukosa darah puasa.

5. Kaya akan antioksidan

Buah delima mendapat reputasi sebagai makanan super karena tingginya tingkat antioksidan, termasuk flavonoid, antosianin, dan ellagitannin. Antioksidan memiliki banyak manfaat yang terbukti, karena membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit dan penuaan.

6. Sifat antibakteri dan antivirus

Penelitian menunjukkan bahwa jus delima dapat menghambat virus tertentu, termasuk COVID-19. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Forouzanfar, dkk pada 2022 yang terbit di Hindawi terhadap 182 orang pengidap COVID-19, mereka yang minum 200 mililiter jus delima tiga kali sehari dan mengonsumsi sumac, obat antivirus alami lainnya, melaporkan berkurangnya gejala demam, batuk, diare, perubahan rasa dan bau, sakit perut, dan mual dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #kenali #manfaat #buah #delima #untuk #kesehatan #tubuh #yang #wajib #kamu #ketahui

KOMENTAR