Ternyata Ada Waktu Terbaik untuk Minum Kopi, Berikut Manfaat dan Efek Sampingnya bagi Tubuh Anda
Ilustrasi pria meminum kopi. (Freepik)
21:37
27 Januari 2024

Ternyata Ada Waktu Terbaik untuk Minum Kopi, Berikut Manfaat dan Efek Sampingnya bagi Tubuh Anda

 

– Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Minuman ini mengandung kafein, sebuah zat stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. 

Banyak orang yang mengandalkan kopi pada pagi hari untuk membantu memulai hari mereka. Namun, apakah Anda tahu ternyata ada waktu terbaik minum kopi untuk mendapatkan manfaat optimal bagi tubuh Anda?

Melansir dari Cleveland Clinic Health Essentials, Sabtu (27/1), waktu terbaik minum kopi berkaitan dengan hormon stres dan ritme biologis yang ada dalam tubuh manusia. Untuk itu, Jawa Pos akan membahasnya di artikel ini.

Minum kopi dan ritme sirkadian

Ritme sirkadian adalah jam tubuh internal kita yang membantu mengatur siklus tidur-bangun kita, termasuk pelepasan kortisol dan epinefrin di pagi hari. 

Hormon-hormon ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Kopi, khususnya kandungan kafeinnya, dapat memengaruhi ritme sirkadian. Berikut ini adalah cara kopi dapat memengaruhi ritme sirkadian:

- Gangguan tidur

Mengonsumsi kopi, terutama pada malam hari atau dekat waktu tidur, dapat mengganggu tidur. Kafein adalah zat stimulan yang menghalangi reseptor adenosin di otak, yang membantu memicu tidur. Hal ini dapat mengganggu ritme sirkadian alami dan memengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur siklus tidur-bangun.

- Penundaan pelepasan melatonin

Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun. Kafein dapat menunda pelepasan melatonin, membuat sulit untuk tertidur pada waktu yang diinginkan. 

- Mengatur ulang jam tubuh

Ritme sirkadian tubuh diatur oleh sebuah ‘jam tubuh’ internal yang terletak di otak. Isyarat eksternal, seperti paparan cahaya dan rutinitas sehari-hari, mempengaruhi jam ini. 

Kafein dapat memengaruhi waktu jam tubuh dengan mengubah persepsi waktu dan sinkronisasi proses internal. Hal ini dapat menyebabkan pergeseran sementara dalam ritme sirkadian, mengganggu pola tidur dan ritme harian.

Penting untuk dicatat bahwa setiap individu memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap kafein, dan dampaknya terhadap ritme sirkadian dapat bervariasi. 

Untuk meminimalkan dampak kopi terhadap ritme sirkadian, umumnya disarankan untuk menghindari konsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya dekat waktu tidur, idealnya setidaknya enam jam sebelum tidur. 

Batasi asupan kafein secara keseluruhan sepanjang hari, terutama di jam-jam akhir. Sadari toleransi dan sensitivitas individu terhadap kafein.

Waktu terbaik untuk minum kopi

Menurut Cleveland Clinic Health Essentials, waktu terbaik untuk minum kopi adalah antara pukul 09.30 dan 11.30, ketika kadar kortisol cenderung menurun. Hal ini karena minum kopi ketika kadar kortisol sedang tinggi dapat meningkatkan kadar hormon ini lebih lanjut. 

Kadar kortisol yang tinggi secara kronis dapat menyebabkan peradangan yang merusak sel. Ketika kadar kortisol Anda tetap tinggi, Anda berisiko lebih besar mengalami kenaikan berat badan, diabetes, masalah jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Berapa banyak kopi yang baik untuk diminum?

Tidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini, karena setiap orang memiliki toleransi dan sensitivitas yang berbeda terhadap kafein. 

Namun, sebagian besar ahli sepakat bahwa asupan kafein yang aman dan moderat adalah sekitar 300-400 mg per hari, atau sekitar tiga sampai empat cangkir kopi. Mengonsumsi lebih dari itu dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan, seperti:

- Gelisah, gugup, atau cemas.

- Sakit kepala, pusing, atau mual.

- Jantung berdebar, tekanan darah tinggi, atau aritmia.

- Sulit tidur, insomnia, atau mimpi buruk.

Kopi adalah minuman yang memiliki banyak manfaat, tetapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan dan ritme sirkadian jika dikonsumsi secara berlebihan atau pada waktu yang tidak tepat. 

Dengan mengikuti saran di artikel ini tentang waktu terbaik minum kopi, Anda dapat menikmati kopi tanpa mengganggu tidur, kesehatan, dan kinerja Anda.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #ternyata #waktu #terbaik #untuk #minum #kopiberikutmanfaat #efek #sampingnya #bagi #tubuh #anda

KOMENTAR