Obat Batuk dari Bahan Alami yang Ampuh Melegakan Tenggorokan! No. 1 Masih Banyak yang Belum Tahu
Ilustrasi ramuan beras kencur
22:48
6 Oktober 2024

Obat Batuk dari Bahan Alami yang Ampuh Melegakan Tenggorokan! No. 1 Masih Banyak yang Belum Tahu




Saat batuk obat tradisional menjadi alternatif terbaik untuk mengatasi sensasi gatal, sakit, hingga serak pada tenggorokan. Tentunya ramuan herbal diambil dari berbagai bahan alami yang lebih menyehatkan tubuh. Oleh sebabnya, bila batuk sedang melanda cobalah berbagai bahan dari alam ini yang bantu melegakan tenggorokan.

1. Bunga Belimbing Wuluh

Belum banyak yang tahu namun bagian bunga dari buah belimbing wuluh rupanya dapat menjadi obat batuk yang andal. Cara mengolahnya cukup dengan merebus bunga hingga berubah warna lalu air rebusannya disajikan bersama gula pasir atau madu agar tidak terlalu pahit.

2. Madu

Madu murni juga menjadi solusi pereda batuk yang lebih dahulu populer sebagai ramuan herbal. Dilansir dari Mount Elizabeth Hospitals cara meredakan batuk dengan cara ini yaitu meminum dua sendok madu secara langsung atau diseduh menjadi teh panas atau campuran teh lemon. Namun perlu diingat bahwa madu tidak boleh dikonsumsi oleh bayi di bawah satu tahun untuk mencegah risiko botulisme.

3. Kencur

Juga kerap dinamakan cikur, kencur telah lama dikenal sebagai rempah pelega tenggorokan. Dilansir dari Pyfahealth kandungan polifenol yang kaya akan antioksidan mampu mengatasi peradangan serta sifat antimikrobanya mampu melawan infeksi jamur dan bakteri penyebab batuk. Oleh sebabnya, untuk menjadikan kencur sebagai obat batuk alami maka air perasannya dapat dicampur bersama air hangat, madu, dan jahe.

4. Kunyit

Biasa menjadi bumbu rempah nusantara namun kunyit juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan dari obat tradisional. Dilansir dari Mount Elizabeth Hospitals, kandungannya yang kaya akan kurkumin dengan sifat antiradang, antioksidan, dan antivirusnya mampu melegakan tenggorokan, mengurangi radang, hingga meredakan batuk.

5. Jahe

Jahe menjadi bahan yang sudah dikenal lama sebagai ramuan tradisional penghangat tubuh yang juga memiliki sifat antiradang dan antioksidan alami untuk meredakan gejala batuk.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #obat #batuk #dari #bahan #alami #yang #ampuh #melegakan #tenggorokan #masih #banyak #yang #belum #tahu

KOMENTAR