Ini Dia Varietas Kedelai Unggul, Pilihan Terbaik Untuk Bahan Baku Pembuatan Tahu Berkualitas
Ilustrasi biji kedelai. (Freepik/jcomp)
06:59
25 September 2024

Ini Dia Varietas Kedelai Unggul, Pilihan Terbaik Untuk Bahan Baku Pembuatan Tahu Berkualitas

 

- Kedelai merupakan salah satu jenis kacang yang sangat populer di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Umumnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan tempe dan tahu.

Meskipun jenisnya sangat beragam, ada yang lokal dan impor dari luar negeri. Namun, ternyata tidak semua varian baik digunakan sebagai bahan utama pembuatan tahu. 

Jika kamu pernah mendengar iklan malika kedelai hitam pilihan, hal itu benar adanya karena salah satu varian kedelai hitam unggul dinamakan malika. 

Berdasarkan penelitian Dr. Ir. Setyastuti Purwanti, M.S. yang dikutip pada laman pengabdian.ugm.ac.id, kedelai hitam varietas unggul yang ditelitinya diberi nama Malika, berarti kerjaan. 

Beliau berharap varietas tersebut dapat menjadi mutiara hitam yang berharga dalam memajukan kesejahteraan para petani kedelai di Indonesia. 

Dilansir dari sumbermakanan.co.id, kacang kedelai dibagi menjadi empat jenis, salah satunya merupakan varian terbaik untuk membuat tahu, yaitu:

Edamame

Tipe ini sering ditemui pada saat makan di restoran Jepang, biasanya ditumis dengan bawang putih. Selain itu bisa dijadikan bahan tambahan pembuatan hidangan lain, seperti sup, dan salad. Edamame dimakan saat buahnya masih muda dan berbentuk polong

Dilansir pada situs halodoc.com, jenis kedelai ini dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol,  mengontrol tekanan darah, serta baik dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Kedelai kuning

Memiliki biji berwarna kuning cerah menjadi ciri khasnya, variasi ini sering dimanfaatkan pada industri makanan sebagai pewarna dan penambah cita rasa dari produk makanan. Biasanya digunakan pada produk mie, saus, dan roti. 

Kedelai hitam

Warna hitam pada bijinya berasal dari kandungan senyawa antioksidan tinggi, seperti antosianin. Secara umum, kedelai hitam dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kecap. 

Salah satu variasi unggulnya bernama malika, yaitu kedelai hitam yang merupakan produk unggul Indonesia. 

Kedelai putih 

Jenis ini merupakan bahan baku pembuatan tahu, tempe maupun minyak kedelai. Memiliki ciri warna kuning pucat hingga putih, serta sering disebut sebagai kedelai biasa. 

Dilansir dari laman pustaka.setjen.pertanian.go.id, kedelai varietas Dena 2 merupakan salah satu jenis unggul dari kedelai putih, dan sangat cocok dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tahu karena mampu menghasilkan produk yang berkualitas. 

Kedelai putih varietas Dena 2 ini, memiliki tekstur yang lebih keras daripada kedelai impor. Tahu yang berbahan dasar jenis ini memiliki warna paling cerah dengan nilai 88,00. 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #varietas #kedelai #unggul #pilihan #terbaik #untuk #bahan #baku #pembuatan #tahu #berkualitas

KOMENTAR