Pentingnya Kenyamanan Ibu Menyusui Memberikan ASI Eksklusif untuk Seribu Hari Pertama si Buah Hati
Ilustrasi ibu menyusui. (Dok. JawaPos.com) (Freepik)
12:04
23 September 2024

Pentingnya Kenyamanan Ibu Menyusui Memberikan ASI Eksklusif untuk Seribu Hari Pertama si Buah Hati

- Pada masa seribu hari pertama kehidupan, buah hati yang masih bayi perlu dipastikan mendapat air susu ibu (ASI). Sebab, ASI berperan krusial dalam mendukung pertumbuhan fisik, perkembangan otak, dan sistem kekebalan tubuh bayi.

Untuk mendukung semua itu, ibu menyusui perlu mendapat nutrisi maksimal agar ASI yang diberikan kepada si buah hati sangat berkualitas. Kebutuhan nutrisi itu dapat dilengkapi dengan cara mengonsumsi bahan-bahan alami seperti daun katuk, daun torbangun, dan ikan gabus. Selama ini ketiga nutrisi itu dipercaya turun temurun efektif meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Ketiga bahan itu kini diolah menjadi produk menarik, yakni Herba Asimor.

Dokter Konsultan Laktasi & Konselor MPASI dr. Nurmaulidia, IBCLC, CIMI, menjelaskan, ASI eksklusif memiliki peranan sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi selama seribu hari pertama kehidupan. Tidak hanya menyediakan nutrisi yang lengkap dan seimbang, ASI juga mengandung faktor imunologis yang esensial seperti antibodi, sel imun, dan protein khusus.

Dalam periode seribu hari pertama yang mencakup masa kehamilan dan dua tahun pertama kehidupan, ASI menjadi kunci dalam mendukung pertumbuhan fisik, perkembang otak, dan pembentukan sistem kekebalan tubuh yang optimal. "ASI menjadi sangat vital bagi kesehatan dan kesejahteraaan bayi,” ungkap Nurmaulidia baru-baru ini.

Sementara itu, menurut data World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan dapat menurunkan risiko kematian bayi akibat infeksi hingga 13 persen. Bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif berisiko terkena penyakit infeksi saluran cerna sebesar 36 persen dan 28 persen berisiko terkena infeksi saluran napas bawah, dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan ASI.

Angka-angka itu menegaskan betapa pentingnya ASI dalam melindungi kesehatan bayi dan mendukung perkembangan mereka secara menyeluruh. Dalam upaya mendukung keberhasilan menyusui, penting bagi ibu untuk mendapatkan nutrisi yang memadai dan dukungan dalam memproduksi ASI yang berkualitas dan dalam jumlah yang cukup.

Nurmaulidia menambahkan, produk pelancar ASI alami yang mengandung bahan-bahan seperti daun katuk dan ikan gabus telah terbukti efektif dalam merangsang dan memperlancar produksi ASI. Daun katuk berfungsi untuk meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin, esensial untuk produksi ASI yang optimal.

Ikan gabus berperan penting dalam meningkatkan kualitas ASI. Kombinasi dari kedua bahan alami ini juga berfungsi untuk menurunkan tingkat stres yang sering kali menjadi penghambat produksi ASI pada ibu menyusui, sehingga membantu ibu dalam proses menyusui dengan lebih efektif.

Bunda mendampingi dan mengikuti perkembangan si buah hati selama seribu hari pertama kehidupan. (Istimewa)

Brand Manager Herba Asimor Devi Eliya mengatakan, produknya tidak hanya fokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas ASI, tetapi juga mendukung kesejahteraan ibu secara menyeluruh. Selain itu juga membantu ibu merasa lebih nyaman dan percaya diri selama menyusui. Dengan dukungan dari Herba Asimor, ibu dapat menjalani pengalaman menyusui dengan lebih tenang sambil memastikan bayi mendapat ASI yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangannya. "Kami berupaya memberikan solusi nutrisi alami yang mendukung kebutuhan ibu menyusui," ungkap Devi Eliya.

Herba Asimor dikembangkan untuk membantu ibu meningkatkan produksi serta kualitas ASI, sehingga mereka dapat memberikan yang terbaik bagi buah hati. Dengan memanfaatkan manfaat bahan alami seperti daun katuk dan daun torbangun yang diolah menjadi fraksi Galatonol dan ikan gabus yang diubah menjadi fraksi striatin yang dikembangkan dengan teknologi AFT (Advanced Fractination Technology). "Kami yakin Herba Asimor dapat menjadi pendamping ibu dalam perjalanan menyusui, membantu ibu merasa lebih nyaman dan percaya diri," tegasnya.

Produk itu memanfaatkan bahan alami seperti galatonol dan striatin yang dirancang untuk meningkatkan proses menyusui secara aman dan efektif. Galatonol dan striatin dengan bukti klinik yang mendukung berperan dalam merangsang produksi ASI dan memperbaiki kualitasnya.

Dengan inovasi dalam nutrisi dan dukungan praktis, Herba Asimor berfungsi sebagai pelancar ASI sekaligus menjadi alat penting dalam memastikan bayi untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ASI eksklusif.

Dengan mengedepankan kesehatan ibu dan bayi, Herba Asimor membantu mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal selama periode seribu hari pertama kehidupannya. Herba Asimor memberikan dukungan yang diperlukan bagi ibu untuk memberikan ASI yang berkualitas dan bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan bayi mereka.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #pentingnya #kenyamanan #menyusui #memberikan #eksklusif #untuk #seribu #hari #pertama #buah #hati

KOMENTAR