Mengganggu Pencernaan, 10 Jenis Buah Tidak Boleh Dimakan saat Perut Kosong, Ada Buah Favoritmu?
Ilustrasi berbagai jenis buah-buahan. (jcomp-freepik)
06:32
22 September 2024

Mengganggu Pencernaan, 10 Jenis Buah Tidak Boleh Dimakan saat Perut Kosong, Ada Buah Favoritmu?

– Buah-buahan memang menjadi salah satu makanan paling sehat dan bergizi untuk dikonsumsi saat pagi hari. Apalagi menurut para ahli, memulai hari dengan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan karena memberikan tubuh nutrisi yang cukup agar tetap bugar dan aktif sepanjang hari.

Makan buah secara rutin juga bisa membantu mencegah penyakit jantung, kolesterol jahat, dan segudang manfaat lainnya untuk kesehatan. Dinilai praktis dan memiliki khasiat yang tinggi, tak jarang buah dikonsumsi sebagai sarapan saat kondisi perut masih kosong.

Bahkan ada mitos yang dipercaya oleh masyarakat luas, bahwa konsumsi buah harus saat perut kosong dan tidak boleh setelah makan. Jika konsumsi buah setelah makan, dianggap dapat mengakibatkan penyerapan nutrisi yang kurang optimal dan menghambat proses pencernaan makanan.

Namun, tidak semua buah-buahan cocok dikonsumsi saat perut kosong. Sebagaimana dilansir dari laman Firstpost.com berikut beberapa jenis buah yang perlu dihindari sebelum makan:

1. Pepaya

Pepaya mengandung papain yang merupakan enzim untuk membantu pencernaan. Namun, jika dikonsumsi saat perut kosong, papain dapat mengiritasi lambung dan berpotensi menyebabkan ketidaknyamanan serta kembung. Sebaiknya papaya dinikmati setelah makan untuk mengurangi masalah pencernaan.

2. Jambu biji

Jambu biji yang kaya akan serat juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti kembung dan sembelit jika dimakan begitu saja saat perut kosong. Sebaiknya, padukan dengan makanan lain atau konsumsi setelah makan agar pencernaan lebih baik.

3. Nanas

Buah nanas dikenal banyak mengandung vitamin C dan bromelain, yang sangat baik untuk pencernaan. Namun, bromelain justru dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan pencernaan termasuk kembung jika dikonsumsi saat perut kosong.

Pengidap penyakit asam lambung seperti maag, juga sebaiknya membatasi konsumsi nanas. Meskipun tidak semua pengidap penyakit ini akan mengalami kambuh gejalanya setiap kali makan nanas, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan ahli kesehatan

4. Pir

Pir juga merupakan buah yang kaya akan serat, namun tidak disarankan untuk dimakan saat perut kosong karena kandungan serat kasarnya dapat merusak selaput lendir lambung. Meskipun buah pir kaya akan vitamin, kalium, dan rendah kalori, sebaiknya hindari mengkonsumsinya untuk sarapan pagi.

Sebaiknya sertakan buah pir dalam olahan makanan atau camilan untuk mendukung pencernaan yang lebih baik.

5. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang biasa dikonsumsi saat sarapan karena dipercaya dapat memberikan energi yang lebih. Hal ini karena kandungan vitamin C dan antioksidan pada apel dikaitkan dengan manfaat untuk kesehatan.

Faktanya, konsumsi apel saat sarapan atau perut kosong bisa mengakibatkan perut kembung. Kandungan fruktosa pada apel membuatnya harus difermentasi di usus besar sehingga membuat gas menumpuk.

Jika tetap ingin menyantapnya saat sarapan, bisa padukan irisan apel dengan selai kacang atau yogurt untuk camilan yang lebih seimbang.

6. Pisang

Memakan pisang yang kaya akan magnesium dan kalium saat perut kosong, dapat menyebabkan lonjakan kadar magnesium dalam darah yang tiba-tiba sehingga berdampak negatif pada jantung.

Untuk buah pisang yang matang berukuran besar, angka indeks glikemiknya adalah 60 yang dapat menaikan kadar gula darah dengan sangat cepat. Jika kadar gula darah meningkat cepat akibat makan pisang saat perut kosong, bisa menyebabkan tubuh lemas dan cepat lapar.

Alasan lain kenapa pisang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong, karena buah satu ini mempunyai sifat asam yang dapat memicu peningkatan asam lambung.

7. Tomat

Tomat memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan tinggi serat termasuk tomat bisa memberi rasa kenyang lebih lama.

Makan tomat sebenarnya dapat dilakukan kapan saja, termasuk saat perut kosong. Sayangnya, tidak semua orang boleh mengkonsumsi tomat saat perut kosong terutama bagi penderita asam lambung dan gangguan lambung lainnya.

Tomat bersifat asam dan tingginya kadar asam tanat dapat meningkatkan keasaman lambung, yang dapat menyebabkan kembung bahkan refluks asam dan mulas.

8. Mangga

Meski mangga merupakan sumber serat yang baik, namun tidak dianjurkan dikonsumsi saat perut kosong karena kandungan fruktosanya lebih tinggi dibandingkan glukosa. Perbandingan yang tidak seimbang ini membuat tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama, untuk mencerna mangga sepenuhnya sehingga bisa menyebabkan perut kembung.

9. Anggur

Anggur diketahui mengandung banyak gula dan dapat menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi saat perut kosong. Gula dalam anggur dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin, menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah pencernaan seperti perut kembung, gas, dan gangguan pencernaan.

10. Jeruk

Buah jeruk tidak boleh dimakan saat perut kosong, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung, mual, muntah, refluks asam, heartburn, dan masalah lambung lainnya.

Hal ini disebabkan oleh sifat asam jeruk yang dapat merusak lapisan lambung. Selain itu, kandungan fruktosa dalam jeruk juga dapat meningkatkan produksi gas di perut.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mengganggu #pencernaan #jenis #buah #tidak #boleh #dimakan #saat #perut #kosong #buah #favoritmu

KOMENTAR