Harga Vaksin Mpox Mandiri Berapa?  Kuota Vaksinasi Gratis Belum Tersedia untuk Umum
ilustrasi harga Vaksin Mpox (freepik)
09:48
18 September 2024

Harga Vaksin Mpox Mandiri Berapa? Kuota Vaksinasi Gratis Belum Tersedia untuk Umum

Virus Mpox sudah melanda dunia. Indonesia tengah mengusahan vaksin Mpox untuk warganya. Simak harga vaksin Mpox di sini.

Apakah vaksin tersebut akan dibagikan gratis untuk warga Indonesia oleh pemerintah? Jika dilakukan mandiri atau membayar sendiri berapa kisaran harga vaksin Mpox?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah mpox di beberapa bagian Afrika sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Mpox merupakan penyakit yang sangat menular, sebelumnya dikenal sebagai cacar monyet. Mpox telah menewaskan setidaknya 450 orang di Republik Demokratik Kongo.

Baca Juga: Jumlah Kasus Cacar Monyet di Filipina Naik, Menteri Kesehatan Bilang Begini

Mpox merupakan penyakit cacat monyet yang disebabkan oleh virus dalam keluarga yang sama dengan cacar tetapi biasanya jauh lebih tidak berbahaya. Virus ini dapat ditularkan dari hewan ke manusia, juga berpindah antar manusia. Gejala awal seseorang terserang virus Mpox adalah termasuk demam, sakit kepala, bengkak, sakit punggung dan nyeri otot.

Harga Vaksin Mpox

Harga vaksin Mpox di Indonesia kemungkinan besar berkisar lebih dari Rp3 juta. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes menyatakan masyarakat umum bisa mendapatkan vaksin Mpox secara mandiri atau berbayar.

Sementara ini, pemerintah mengusahakan vaksin gratis, tetapi diprioritaskan untuk kelompok paling beresiko terlebih dahulu. Sejauh ini, Kemenkes tidak merekomendasikan vaksinasi Mpox kepada anak-anak di Indonesia.

Adapun kelompok berisiko tinggi Mpox menurut Kemenkes ialah individu gay, biseksual, serta individu yang kontak dengan penderita Mpox dalam dua minggu terakhir.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Seputar Vaksin Mpox: Bisa Dapat di Mana dan Untuk Siapa?

Selain mereka, kelompok beresiko tinggi lainnya ialah petugas laboratorium yang melakukan pemeriksaan spesimen virologi terutama yang bertugas di daerah berkasus Mpox tertinggi. Kemudian juga petugas kesehatan yang bertugas melakukan penanganan kasus Mpox.

Di tahun 2023, hingga bulan Oktober, kasus Mpox terkonfirmasi di Indonesia ada sebanyak 14 kasus. Sebagain besar dialami oleh laki-laki yang melakukan hubungan seks sesama jenis. Selain itu ada dua kasus probable atau memiliki gejala dan kontak dengan individu positif Mpox. Ditambah dengan 9 kasus suspek atau ada gejala.

Saat ini, vaksin Mpox yang dimanfaatkan di Indonesia ialah vaksin jenis modified vaccinia Ankara-Bavarian Nordic (MVA-BN), yakni vaksin turunan cacar (smallpox) generasi ketiga yang bersifat non-replicating. Pelaksanaan vaksinasi sudah berlangsung sejak 2023 ketika kasus konfirmasi Mpox di Indonesia ditemukan pertama kali.

Vaksin MVA-BN sendiri merupaka vaksin yang disetujui WHO sejak tahun 2013. Vaksin tersebut digunakan pertama kali untuk pencegahan cacar di Kanada dan Uni Eropa yang menyerang orang berusia 18 tahun ke atas. Di tahun 2019, MVA-BN disetujui sebagai vaksin pencegahan cacar dan Mpox pada orang dewasa di Amerika Serikat.

Demikian itu informasi harga vaksin Mpox. Semoga dapat menjadi perhatian bersama.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #harga #vaksin #mpox #mandiri #berapa #kuota #vaksinasi #gratis #belum #tersedia #untuk #umum

KOMENTAR