6 Jenis Minuman Sehat yang Diyakini Efektif Meningkatkan Imunitas Tubuh, Nomor 4 Cocok untuk Musim Hujan
Ilustrasi minuman untuk imunitas tubuh. (Freepik)
16:20
16 September 2024

6 Jenis Minuman Sehat yang Diyakini Efektif Meningkatkan Imunitas Tubuh, Nomor 4 Cocok untuk Musim Hujan

- Kondisi cuaca yang berubah-ubah ini sering kali menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Untuk itu perlu membentengi diri agar tidak mudah sakit. Salah satunya dengan minuman sehat yang bisa meningkatkan imunitas

Minuman sehat bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan dapur. Tentu, disamping meminum minuman sehat, imunitas juga perlu dijaga dengan makan yang sehat serta tidur cukup. 

 

Dilansir dari sanitarium dan healthshots (16/9) berikut 6 jenis minuman yang diyakini efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Teh Hijau

Teh hijau dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Kaya akan antioksidan, terutama katekin seperti epigallocatechin gallate (EGCG).

Penelitian yang diterbitkan oleh Plant Foods for Human Nutrition yang menunjukkan bahwa teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine, kandungan ini mendukung produksi senyawa pelawan kuman dalam sel-T.

Oleh karena itu, mengonsumsi teh hijau secara rutin dapat menjadi cara alami yang efektif untuk memperkuat kekebalan tubuh serta dapat melawan infeksi.

  1. Smoothie jeruk

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang sangat baik, nutrisi penting yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut ahli gizi Dr. Rohini Patil, Vitamin C membantu merangsang produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi, sekaligus berperan sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas,

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampur berbagai jenis buah jeruk favorit dengan air, lalu menambahkan sedikit madu atau daun mint untuk memperkaya rasa minuman sehat ini.

  1. Teh Kombucha

Mulai terkenal belakangan ini, kombucha adalah teh yang dikenal karena kandungan probiotik dan banyaknya manfaat kesehatan yang ditawarkan.

Sebuah studi dalam Chinese Herbal Medicines menyebutkan bahwa probiotik dalam kombucha mendukung kesehatan usus dengan menjaga keseimbangan bakteri baik, yang penting bagi kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kombucha juga mengandung antioksidan, vitamin B, dan enzim yang membantu memperkuat sistem kekebalan. Untuk meningkatkan imunitas, konsumsi kombucha secara rutin dapat menjadi salah satu solusi yang tepat.

  1. Teh Jahe

Baik dikonsumsi sebagai teh maupun dicampur dengan air, jahe merupakan minuman yang sempurna saat musim hujan.

Jahe sendiri telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad, dan penelitian modern mendukung manfaatnya sebagai anti-inflamasi dan antioksidan, yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain mengonsumsi jahe, menjaga sistem kekebalan tubuh saat musim hujan juga bisa dilakukan dengan memastikan tidur yang cukup, menjaga berat badan ideal, dan rutin berolahraga setiap hari.

  1. Madu dan Lemon

Minuman hangat madu dan lemon mungkin terdengar seperti resep klasik dari nenek saat flu melanda, namun sebenarnya minuman yang satu ini sangat kaya akan manfaat. Menambahkan lemon ke dalam air bukan hanya memperkaya rasa, tetapi juga memberikan nutrisi tambahan.

Lemon kaya akan vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dari makanan nabati seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Karena tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C, penting untuk mendapatkannya setiap hari.

Selain itu, madu, yang telah digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun, memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Infused Water

Minuman yang satu ini sudah banyak disukai oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Mengurangi konsumsi kafein, menghindari alkohol, dan memperbanyak minum air putih adalah langkah yang baik untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Untuk variasi yang lebih segar dan menyehatkan, coba tambahkan buah beri atau jeruk ke dalam air Anda. Buah-buahan ini kaya akan vitamin C, yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #jenis #minuman #sehat #yang #diyakini #efektif #meningkatkan #imunitas #tubuh #nomor #cocok #untuk #musim #hujan

KOMENTAR