Kamu Mengalami Beberapa Kondisi Berikut? Waspada, Itu Tandanya Kamu Lagi Stres Berat, Cek Sinyal dari Tubuh Berikut Ini!
Ilustrasi: Mengalami stres. (Pexels/ Anna Shvets)
12:46
11 September 2024

Kamu Mengalami Beberapa Kondisi Berikut? Waspada, Itu Tandanya Kamu Lagi Stres Berat, Cek Sinyal dari Tubuh Berikut Ini!

 

Stres merupakan respons normal tubuh terhadap perubahan ketika mengalami tekanan fisik atau mental. Namun, stres yang berlangsung dalam waktu lama dapat merugikan kesehatan fisik dan mental seseorang, karena dapat menyebabkan kondisi tubuh memburuk.    Di sisi lain, setiap orang bereaksi terhadap stres secara berbeda. Bagi sebagian orang telah merasa bahwa mereka mengalami stres, tetapi sebagian lainnya mungkin tidak menyadarinya hingga stres menjadi parah.   Lalu, bagaimana untuk dapat mengetahui apakah seseorang itu sedang mengalami tingkat stres yang normal atau sebenarnya mengalami stres berat?   Melansir laman Verywell Mind, Rabu (11/9), berikut adalah 9 tanda bahwa seseorang seddang mengalami stres berat.   1. Sulit tidur   Ketika seseorang mengalami stres berat, pikirannya akan menjadi kewalahan karena beban dan tekanan yang terlalu besar, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kemampuan mereka untuk tidur.  

  Sebuah penelitian pada tahun 2014 dengan lebih dari 2.300 peserta dewasa menunjukkan hubungan yang signifikan antara paparan stres dan peningkatan risiko insomnia.   2. Penurunan gairah seksual   Stres dapat menyebabkan perubahan libido. Jika Anda merasa kurang tertarik pada hubungan badan dibandingkan sebelumnya, bisa jadi Anda sedang mengalami stres berat.   Sebuah penelitian pada tahun 2021 meneliti hubungan antara dampak pandemi COVID-19 terhadap kesehatan reproduksi wanita dengan peserta lebih dari 1000 wanita. Hasil menemukan bahwa 45 persen peserta mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan gairah seksual karena stres.   3. Merasa cemas atau mudah tersinggung   Wajar ketika seseorang merasa cemas ketika sedang mempersiapkan diri untuk wawancara kerja atau kencan pertama. Namun, bila Anda merasa cemas sepanjang waktu, bisa jadi Anda sedang stres berat.   Sebuah studi tahun 2015 yang mengamati orang dewasa yang bekerja dan sehat secara medis berusia antara 30 dan 60 tahun, menunjukkan bahwa stres di tempat kerja dan di rumah dikaitkan dengan gejala kecemasan dan depresi pada pria dan wanita.  

  4. Sering mengalami sakit kepala   Sakit kepala jenis ini dapat terasa seperti ada ikatan yang melilit kepala Anda dan perlahan mengencang.   Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa peningkatan stres dikaitkan dengan peningkatan jumlah hari peserta mengalami sakit kepala setiap bulan, khususnya bagi mereka yang mengalami sakit kepala tipe ketegangan dan penderita yang lebih muda.   5. Mengalami masalah pencernaan   Stres berat dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti nyeri ulu hati, sembelit, diare, serta memperburuk gejala pada mereka yang menderita penyakit radang usus, sindrom iritasi usus (IBS), tukak lambung, penyakit refluks gastroesofageal (GERD), dan masalah pencernaan lainnya.   6. Jantung berdebar cepat dan tekanan darah tinggi   Jika jantung Anda berdebar kencang saat Anda berdiri diam atau duduk, itu bisa berarti Anda terlalu stres.   Saat Anda mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah Anda akan meningkat. Namun, jika pemicu stres bersifat jangka pendek (alias depresi situasional), denyut jantung dan tekanan darah Anda akan kembali ke tingkat normal.   Bila Anda stres dalam jangka waktu lama, akibatnya tubuh Anda akan bekerja berlebihan dalam jangka waktu lama.  

  7. Jerawat sering muncul   Tingkat keparahan stres terbukti berhubungan dengan peningkatan munculnya jerawat. Salah satu mekanismenya adalah saat tubuh merespons stres, tubuh melepaskan kortisol yang meningkatkan produksi minyak pada kulit dan memperburuk jerawat.   8. Sering sakit   Efektivitas sistem imun Anda bergantung pada tingkat stres yang dialami tubuh Anda. Bila tubuh Anda terus-menerus stres, sistem imun Anda menjadi rentan dan kemampuannya untuk melawan infeksi dan virus menurun.   9. Tubuh terasa pegal dan nyeri   Bagaimana perasaan tubuh Anda saat bangun di pagi hari? Jika Anda terus-menerus merasakan nyeri pada persendian dan punggung, Anda mungkin mengalami stres berat.  Salah satu alasan stres berkepanjangan dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri adalah hormon kortisol yang dilepaskan selama respons stres tubuh.   Dalam situasi normal, kortisol adalah hormon antiinflamasi. Namun, stres berat dan lonjakan kortisol yang berulang menyebabkan disfungsi kortisol. Disfungsi kortisol menyebabkan peradangan yang pada gilirannya menyebabkan kerusakan jaringan dan saraf yang meluas.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kamu #mengalami #beberapa #kondisi #berikut #waspada #tandanya #kamu #lagi #stres #berat #sinyal #dari #tubuh #berikut

KOMENTAR