Simak 7 Makanan Untuk Membantu Mengelola Gula Darah, Ada Jamur hingga Sayuran Hijau
Jamur adalah salah satu makanan yang mampu membantu mengelola gula darah (freepik)
08:38
9 September 2024

Simak 7 Makanan Untuk Membantu Mengelola Gula Darah, Ada Jamur hingga Sayuran Hijau

Diabetes adalah salah satu kondisi kesehatan dimana jumlah gula darah dalam tubuh melebihi batas kebutuhan tubuh. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari jika tidak segera diatasi.

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang bisa membantu mengelola gula darah. Hal ini biasa dikenal dengan nutrisi diabetes.

Membuat pilihan makanan yang baik dapat memberikan dampak besar pada pengelolaan gula darah tetapi terkadang sulit untuk mengetahui makanan mana yang dianggap pilihan yang baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai beberapa makanan untuk membantu mengelola gula darah sebagaimana dilansir laman Nutrition News, Senin (9/9) sebagai berikut :

1. Yogurt tawar tanpa pemanis

Yogurt probiotik merupakan pilihan yang tepat untuk mengelola kadar gula darah dan dalam satu penelitian terbukti dalam menurunkan kadar gula darah puasa dan haemoglobin A1C pada penderita diabetes tipe 2.

Yogurt ini kaya akan bakteri baik untuk menjaga kesehatan usus dan mengandung protein untuk membantu mengelola rasa lapar dan memelihara otot dimana hal ini merupakan faktor yang secara tidak langsung dapat berkontribusi dalam mengelola gula darah Anda.

Jadi, Anda bisa memilih yogurt tanpa pemanis karena kandungan gula darah rendah dan proteinnya tinggi.

2. Blueberry

Bukti tentang manfaat kesehatan dari mengonsumsi blueberry sangat meyakinkan.

Dalam sebuah penelitian terhadap pria dengan diabetes tipe 2, mengonsumsi satu cangkir blueberry setiap hari selama 8 minggu bisa dikaitkan dengan peningkatan haemoglobin A1C dan trigliserida.

Satu cangkir blueberry mentah mengandung hampir 4 gram serat yang merupakan 14 persen dari jumlah serat.

Selain itu, blueberry mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin C dan magnesium dan berfungsi sebagai camilan tengah hari yang menyenangkan.

3. Kacang

Kacang-kacangan terutama kacang merah, kacang pinto dan kacang hitam merupakan pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Kacang-kacangan kaya akan vitamin dan mineral serta merupakan sumber serat yang sangat baik.

Uniknya, kacang-kacangan merupakan alternatif yang baik untuk daging dalam memenuhi kebutuhan protein Anda.

4. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau tua seperti bayam dan kangkung memiliki nilai indeks glikemik yang sangat rendah serta banyak nutrisi bermanfaat seperti serat dan vitamin C.

Sayuran ini fleksibel untuk dikonsumsi baik mentah maupun dimasak sehingga mudah dimasukkan dalam pola makan harian Anda.

5. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan yang baik untuk mengelola gula darah karena kandungan seratnya yang tinggi.

Oatmeal ini dapat membantu mengelola gula darah dibandingkan dengan pilihan sarapan dengan indeks glikemik yang lebih tinggi.

Hal ini disebabkan karena serat beta glukan yang dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dan membantu mencegah lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

6. Jamur

Makanan lain yang bisa membantu mengelola gula darah adalah jamur. Jamur memiliki konsentrasi beta-D glukan yang tinggi yang dikenal sebagai bentuk serat yang terbukti dapat menurunkan respon glukosa darah.

Sebagai bonus, jamur memiliki indeks glikemik yang rendah dan tersedia dalam berbagai pilihan mulai dari portobello, shitake, cremini dan banyak lagi.

7. Bawang

Bawang bombay telah digunakan untuk keperluan medis selama ribuan tahun sebab berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Bawang bombay merupakan pilihan rendah karbohidrat yang baik yang dapat dengan mudah dipadukan dengan sayuran non tepung lainnya dalam bentuk hidangan utama atau sampingan untuk mengelola gula darah.

Bawang bombay juga mengandung antioksidan yang disebut quercetin yang memberikan sifat anti peradangan.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #makanan #untuk #membantu #mengelola #gula #darah #jamur #hingga #sayuran #hijau

KOMENTAR