Penajam Eco City: Kolaborasi Kegiatan Ekonomi Indonesia-Jepang di IKN
Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Badan Bank Tanah dengan PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia untuk pemanfaatan salah satu lahan Badan Bank Tanah yang berlokasi di Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur yang berlangsung di Jakarta, Rabu (26/6/2024) [ANTARA/Aji Cakti]
14:06
26 Juni 2024

Penajam Eco City: Kolaborasi Kegiatan Ekonomi Indonesia-Jepang di IKN

Badan Bank Tanah adalah badan khusus yang dibentuk pemerintah pusat. Badan ini diberi kewenangan menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan bagi kepentingan umum, kepentingan sosial, kepentingan pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, konsolidasi lahan, serta reforma agraria.

Dikutip dari kantor berita Antara, Badan Bank Tanah menjalin kolaborasi dengan PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia untuk menggarap proyek Penajam Eco City yang mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ada pun Penajam Eco City nantinya berlokasi di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Konsepnya eco city yang menawarkan kota sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

Badan Bank Tanah bersama PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) dan PT J Trust Consulting Indonesia pun telah menandatangani nota kesepahaman (MoU).

Baca Juga: Kekayaan Bersih Shivon Zilis, Pakar Teknologi Pasangan Elon Musk: Harga Rumah Tembus Rp 65 M

Melalui MoU tadi, J Trust Consulting Indonesia ditunjuk sebagai mitra Badan Bank Tanah. Perusahaan ini mengantongi mandat eksklusif untuk memperkenalkan dan menangani investor asal Jepang yang akan berinvestasi di kawasan hak pengelolaan lahan (HPL) Badan Bank Tanah tadi.

Sedangkan J Trust Bank bertugas mendukung para investor asal Jepang dalam aspek finansial.

HPL Badan Bank Tanah yang saat ini tengah dikembangkan adalah proyek Penajam Eco City yang berada di PPU.

Kawasan ini adalah salah satu aset persediaan lahan Badan Bank Tanah dari total keseluruhan seluas 18.758 hektare di seluruh Indonesia.

Parman Nataatmadja, Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah menyambut baik penandatanganan MoU dengan J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank.

Baca Juga: Kopi Produksi UMKM Asal NTT Maju ke Festival Dunia di Copenhagen

Menurutnya, kolaborasi tadi akan memperkuat hubungan ekonomi Indonesia dan Jepang yang sudah dijalin baik.

"Besar harapan kami Jepang menjadi sahabat yang turut berinvestasi di Indonesia, khususnya Hak Pengelolaan (HPL) Badan Bank Tanah. Hal ini sejalan dengan upaya kami dalam menciptakan kerja sama yang inklusif dan memberikan manfaat ekonomi yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di area HPL kami dan sekitarnya," demikian sambutan Parman Nataatmadja, Kepala Badan Pelaksana Badan Bank Tanah di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

"Kami ingin turut serta menciptakan keadilan di bidang pertanahan serta terciptanya ekonomi berkeadilan di PPU, tapi kami tidak bisa sendirian. Oleh karena itu kami menggandeng J Trust Consulting Indonesia dan J Trust Bank untuk mengajak investor Jepang berinvestasi di sana dan di HPL kami lainnya di kemudian hari," lanjutnya.

Selain itu, adanya kerja sama ini menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi mercusuar bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Sehingga kedua negara bisa menjadi motor penggerak kemajuan ekonomi Asia," harap Parman Nataatmadja.

Takeshi Ikeda sebagai Direktur Utama J Trust Consulting Indonesia menyampaikan bahwa melalui MoU dengan Badan Bank Tanah pihaknya dapat berkontribusi bagi ekonomi Indonesia.

Juga mendukung pembangunan Nusantara sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru. Termasuk pengembangan program dan kegiatan ekonomi dari para investor asal Jepang.

Sedangkan Widjaja Hendra, Direktur Bisnis J Trust Bank menyampaikan terima kasih kepada Badan Bank Tanah atas kesempatan yang diberikan kepada J Trust Bank. Yaitu untuk berkontribusi dalam proyek Penajam Eco City di Penajam Paser Utara, yang keberadaannya mendukung pengembangan Nusantara, IKN.

Editor: RR Ukirsari Manggalani

Tag:  #penajam #city #kolaborasi #kegiatan #ekonomi #indonesia #jepang

KOMENTAR