Sejarah Kelam Penerbangan Indonesia: 16 Tahun Pencabutan Izin Adam Air
Ilustrasi Adam Air (Wikipedia/Pichugin)
02:34
18 Maret 2024

Sejarah Kelam Penerbangan Indonesia: 16 Tahun Pencabutan Izin Adam Air

Adam Air sempat menghebohkan publik dengan sederet kecelakaan hingga maskapai ini resmi berhenti beroperasi pada 18 Maret 2008. Pemerintah kemudian resmi mencabut izin penerbangan pada 19 Juni 2008.

Daftar kecelakaan Adam Air hingga izin penerbangannya dicabut ikut mewarnai penutupan maskapai ini. Salah satu yang paling parah adalah jatuhnya pesawat di perairan Pare Pare Sulawesi Selatan pada 1 Juni 2007. Sudah 17 tahun berlalu, 102 orang penumpang tak pernah diketahui kabarnya hingga hari ini. 

Sebelumnya, beberapa kecelakaan lain juga menjadi faktor pencabutan izin terbang maskapai ini. Berikut adalah rinciannya. 

1. Tragedi 1 Januari 2007

Tragedi ini menjadi salah satu catatan hitam dalam dunia penerbangan Indonesia. Maskapai Adam Air jatuh di perairan Pare Pare Sulawesi Selatan.

Hingga hari ini 102 penumpang dan awak tidak pernah diketahui keberadaannya. Saat itu, pesawat Boeing 737 lepas landas dari Bandara Juanda, Surabaya pada pukul 05.59 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado pada pukul 08.14 WITA. Pesawat dinyatakan hilang kontak pada ketinggian 35.000 kaki. 

Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebutkan bahwa kecelakaan Adam Air disebabkan oleh berbagai faktor. Ketua KNKT saat itu, Tatang Kurniadi menyatakan KNKT tidak hanya mengarahkan penyebab kecelakaan pada faktor human erorr ketika dua orang pilot gagal mengendalikan pesawat. Di sisi lain, investigasi kecelakaan pesawat terbang tidak mencari siapa yang salah, tetapi mencari sebab kecelakaan sebagai evaluasi agar kecelakaan tidak terulang kembali. 

2. Adam Air 782

Penerbangan Adam Air 782 dengan pesawat Boeing 737-32, nomor registrasi PK-KKE, yang melakukan rute dari Jakarta menuju Makassar, mengalami masalah pada perangkat navigasi dan terpaksa mendarat darurat di Bandara Tambolaka, NTT. Beruntung, seluruh 152 penumpang berhasil selamat dari insiden tersebut. Akibat kejadian ini, pilot dan kopilot pesawat tersebut akhirnya dipecat dari pekerjaannya.

2. Adam Air Tergelincir di Surabaya

Tragedi 1 Januari 2007 dinilai sebagai puncak buruknya manajemen Adam Air dalam mengelola penerbangan. Setelahnya masih sejumlah tragedi kecil yang tidak memakan korban jiwa telah beberapa kali terjadi. Salah satunya adalah pesawat Boeing 737-300 Adam Air tergelincir di Bandara Juanda Surabaya sekitar pukul 15.30 WIB pada Februari 2007 akibat cuaca buruk. Ratusan penumpang yang sebelumnya lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta itu dinyatakan selamat. 

3. Adam Air Tergelincir di Batam

Insiden pesawat Adam Air tergelincir juga terjadi di Bandara Hang Nadiem Batam, Kepulauan Riau pada Maret 2008. Insiden ini menjadi yang terakhir sebelum maskapai ditutup dan izin terbangnya dicabut. 

Pesawat berisi 169 penumpang yang datang dari Jakarta ini tergelincir sekitar 50 meter dari runway 22 meter. Seluruh penumpang dalam kondisi selamat dengan beberapa di antaranya mengalami cedera. Akibat dari kejadian ini Bandar Udara Hang Nadim sempat ditutup sekitar dua jam.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #sejarah #kelam #penerbangan #indonesia #tahun #pencabutan #izin #adam

KOMENTAR