Jangan Sampai jadi Masalah di Kemudian Hari, dari Split Bill saat Kencan hingga Punya Akun Tabungan Bersama, Berikut Saran dari Perencana Keuangan
ILUSTRASI. Kencan di restoran. Beberapa pasangan memilih split bill saat masih berstatus pacaran. (Pexels/Jep Gambardella)
06:09
6 Maret 2024

Jangan Sampai jadi Masalah di Kemudian Hari, dari Split Bill saat Kencan hingga Punya Akun Tabungan Bersama, Berikut Saran dari Perencana Keuangan

- Beberapa pasangan tidak terbiasa terbuka soal finansial kepada kekasihnya. Namun, beberapa yang lainnya merasa lebih nyaman kalau sudah buka-bukaan urusan 'dapur'.

Apalagi jika hubungan dirasa sudah matang, dan kemungkinan besar berlanjut ke jenjang yang lebih serius, yakni pernikahan. Malah ada juga lho yang bareng-bareng menyicil KPR (kredit pemilikan rumah) atau menabung aset tanah maupun biaya pernikahan sejak masa pacaran.

Sayangnya, tidak sedikit pula hubungan romansa yang kandas di tengah jalan. Masalah pun muncul saat keduanya kadung punya akun tabungan bersama atau tanggungan bersama, KPR misalnya.

Lantas, harusnya seperti apa sih pengaturan keuangan yang bijak bagi pasangan kekasih? Pada tahap awal, apakah perlu si laki-laki menangung seluruh biaya kencan, atau lebih baik split bill?

Perencana keuangan (financial planner) dari Mitra Rencana Edukadi (MRE), Mike Rini Sutikno menuturkan, pengaturan keuangan bagi pasangan yang sedang menjalin hubungan pacaran merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

"Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengatur keuangan bersama saat masih berpacaran, termasuk apakah sebaiknya melakukan pembagian biaya secara adil atau memiliki akun tabungan bersama untuk persiapan masa depan," kata Mike kepada JawaPos.com, Selasa (5/3).

Pertama, mengenai pembagian biaya. Banyak pasangan yang memilih untuk melakukan pembagian biaya secara adil atau yang biasa disebut dengan "split bill".

Pendekatan ini dapat dianggap sebagai cara yang adil karena masing-masing pasangan bertanggung jawab atas pengeluaran mereka sendiri. Kelebihan dari pendekatan ini adalah mencegah terjadinya ketegangan diantara pasangan terkait dengan masalah keuangan.

Selain itu, cara ini juga dapat membantu pasangan untuk belajar mengelola keuangan mereka sendiri sebelum memasuki tahap pernikahan.

Namun, kelemahan dari pembagian biaya secara adil adalah kurangnya kesadaran akan kebutuhan dan keinginan pasangan masing-masing. Terkadang, salah satu pasangan mungkin memiliki penghasilan yang lebih tinggi daripada pasangannya.

Sehingga pembagian biaya secara adil dapat menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat menimbulkan ketidakpuasan diantara pasangan dan mempengaruhi hubungan mereka.

"Untuk split bill ini, saya kira fleksibel saja. Umumnya memang pihak pria yang membayar pengeluaran saat pacaran, hitung-hitung latihan menjadi pencari nafkah. Namun, saat si pria tidak punya uang, maka pihak wanita dapat berinisiatif untuk melakukan penghematan atau sesekali membayar biaya pacaran. Ibaratnya susah senang ditanggung bersama," jelas Mike.

Selain pembagian biaya, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah pasangan perlu memiliki akun tabungan bersama untuk persiapan masa depan, seperti menikah atau membeli rumah.

Menurut Mike, memiliki akun tabungan bersama dapat membantu pasangan untuk mengumpulkan dana secara bersama-sama untuk tujuan-tujuan tertentu. Hal ini dapat memberikan rasa tanggung jawab dan komitmen yang lebih besar diantara pasangan.

Kelebihan dari memiliki akun tabungan bersama adalah memudahkan pasangan untuk merencanakan dan mengelola keuangan mereka secara bersama-sama. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi wadah untuk membangun kebiasaan menabung dan berinvestasi bersama-sama sejak dini.

Dengan demikian, pasangan dapat lebih siap secara finansial saat memasuki tahap pernikahan atau memiliki tanggung jawab finansial yang lebih besar.

"Namun, kekurangan dari memiliki akun tabungan bersama adalah risiko terkait dengan keuangan. Jika terjadi masalah dalam hubungan, akun tabungan bersama dapat menjadi sumber konflik dan perselisihan antara pasangan," ujar Mike.

Selain itu, pengelolaan keuangan bersama juga memerlukan tingkat kepercayaan dan komunikasi yang tinggi diantara pasangan. "Untuk meminimalkan risiko karena terjadi konflik, pasangan yang berpacaran dapat menabung untuk tujuan keuangan bersama, namun pada akun tabungan yang berbeda," saran Mike.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #jangan #sampai #jadi #masalah #kemudian #hari #dari #split #bill #saat #kencan #hingga #punya #akun #tabungan #bersama #berikut #saran #dari #perencana #keuangan

KOMENTAR