BI Gelontorkan Uang Tunai Rp197,6 Triliun Untuk Ramadan Hingga Lebaran Tahun Ini
Ilustrasi. Bank Indonesia (BI) bakal menggelontorkan uang tunai sekitar Rp197,6 triliun untuk program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) pada tahun ini.
13:26
22 Februari 2024

BI Gelontorkan Uang Tunai Rp197,6 Triliun Untuk Ramadan Hingga Lebaran Tahun Ini

Bank Indonesia (BI) bakal menggelontorkan uang tunai sekitar Rp197,6 triliun untuk program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) pada tahun ini.

“Angka tersebut naik 4,65 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar Rp189 triliun,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Doni P Joewono di Jakarta Rabu (21/2/2024).

Kata Doni, keputusan BI untuk menaikkan jumlah uang yang siap ditukarkan melalui program Serambi tersebut didasarkan pada pertumbuhan ekonomi domestik serta semakin meluasnya jangkauan transaksi digital.

“Artinya, persentasenya itu sudah kami perkirakan dengan (transaksi) yang non-tunai juga,” ujarnya.

Tak hanya itu, sambung Doni, BI juga akan menambah lokasi penukaran uang menjelang Idul Fitri sebanyak 449 titik dari rencana semula hanya 4.674 titik.

“Kami mau menambah lagi 449 titik penukaran uang di lokasi yang berhubungan dengan transportasi. Jadi, di (rest area) jalan tol dan lainnya itu nanti kita perbanyak,” imbuhnya.

Selain di jalan tol, ia menyampaikan, bahwa lokasi tambahan untuk program penukaran uang tersebut, juga akan disediakan di pelabuhan, bandara, dan stasiun.

Upaya tersebut, bilang Doni, dilakukan untuk membantu para pemudik dapat menukarkan uang mereka dengan mudah menjadi pecahan kecil mulai dari Rp1.000-Rp20.000 melalui program Serambi tersebut.

Editor: Mohammad Fadil Djailani

Tag:  #gelontorkan #uang #tunai #rp1976 #triliun #untuk #ramadan #hingga #lebaran #tahun

KOMENTAR