Jalin Kemitraan ShopeePay, XRP Bakal Kuasai Sektor Pembayaran Asia Tenggara?
Ilustrasi [Pixabay/vjkombajn]
11:26
26 September 2024

Jalin Kemitraan ShopeePay, XRP Bakal Kuasai Sektor Pembayaran Asia Tenggara?

Perusahaan fintech yang terkenal dengan solusi pembayaran lintas batasnya, Ripple, kembali menarik perhatian dengan adanya kerja sama antara mitranya, dLocal, dengan ShopeePay.

Menurut pengamat XRP dan Ripple popular, WrathofKahneman, kemitraan ini memungkinkan pedagang dLocal untuk menerima pembayaran dari empat pasar baru, yaitu Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Filipina.

Meskipun ShopeePay bukan mitra Ripple secara langsung, yang menarik adalah ShopeePay didukung oleh Tranglo, yang juga merupakan mitra Ripple. Koneksi ini memperlihatkan potensi jaringan pembayaran lintas batas yang lebih efisien di kawasan Asia Tenggara, terutama dengan keterlibatan RippleNet sebagai solusi pengiriman dana global.

Seperti yang dikutip Redaksi Suara.com dari Blockchain Media, hubungan antara tiga entitas ini menunjukkan bahwa teknologi RippleNet masih tetap relevan dan digunakan oleh berbagai perusahaan untuk mendukung transaksi lintas batas. dLocal, yang tidak menggunakan XRP secara langsung, telah menggunakan RippleNet sejak tahun 2017 untuk solusi pengiriman pesan lintas batas.

Baca Juga: Cara Top Up ShopeePay lewat ATM BRI, Praktis dan Cepat

Setelah sempat mengalami beberapa kemunduran dalam operasinya, dLocal tampaknya mulai berkembang lagi dan memperluas layanannya ke lebih banyak pasar.

Hal ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi kripto, seperti XRP, ke dalam sistem keuangan global masih berpotensi besar. Selain kabar menarik mengenai dLocal dan ShopeePay, Ripple juga mendapat sorotan dari kemitraan yang sedang dikembangkan oleh SWIFT dengan R3.

Dalam kemitraan ini, SWIFT berupaya mengintegrasikan Global Payments Innovation (GPI) ke dalam platform R3 Corda, yang memiliki potensi untuk memanfaatkan XRP sebagai perantara likuiditas dalam transaksi pembayaran lintas batas.

Meskipun saat ini proyek tersebut masih berada dalam tahap proof-of-concept, integrasi ini berpotensi membawa kripto, seperti XRP, ke peran yang lebih sentral dalam sistem keuangan global, terutama dalam hal penyelesaian pembayaran internasional.

Baca Juga: Mudah Isi ShopeePay Lewat BRImo, Tanpa Ribet dan Hemat Biaya

Editor: M Nurhadi

Tag:  #jalin #kemitraan #shopeepay #bakal #kuasai #sektor #pembayaran #asia #tenggara

KOMENTAR