Seleksi CPNS 2024, Menteri PANRB Azwar Anas Minta BKN Bikin Crisis Center Online dan Offline Tampung Keluhan Masyarakat
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menyampaikan tanggapan pemerintah pada rapat kerja dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024). (Salman Toyibi/Jawa Pos)
14:18
10 September 2024

Seleksi CPNS 2024, Menteri PANRB Azwar Anas Minta BKN Bikin Crisis Center Online dan Offline Tampung Keluhan Masyarakat

  - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta Badan Kepegawaian Negara (BKN) di pusat dan regional untuk membuat Pusat Informasi atau Crisis Center secara online dan offline. Permintaan ini disampaikan untuk memastikan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024, mulai dari CPNS dan PPPK berjalan dengan lancar.   Salah satunya, untuk menampung keluhan masyarakat terkait dengan proses seleksi CPNS 2024 seperti yang terjadi beberapa waktu lalu perihal e-meterai. Anas menyebut, BKN perlu 'jemput bola' dalam untuk memastikan kelancaran rekrutmen CASN tahun 2024.   Sehingga, BKN diimbau untuk menyiapkan strategi complaint handling di setiap titik kantor BKN di pusat, regional maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT). "Perlu pusat informasi atau crisis center yang disiap siagakan di setiap titip kantor BKN baik online maupun offline. Butuh tenaga ekstra terkait complaint handling dan penanganan berbagai informasi terkait CPNS, PPPK, dan non-ASN," kata Anas dalam keterangan tertulis usai menggelar pertemuan dengan Kanreg BKN seluruh Indonesia secara hibrid, Selasa (10/9).   Anas menjelaskan, seluruh Kanreg BKN sebagai pelaksana teknis rekrutmen CASN menjadi ujung tombak kelancaran pelaksanaan CASN. Crisis Center yang disiapkan diharapkan dapat menangani keluhan dari masyarakat atau calon pelamar CASN di tahun 2024. BKN juga diimbau untuk menyiapkan standard operating procedure (SOP) sebagai panduan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan krusial yang sering ditanyakan calon pelamar terkait pengadaan CASN.   Anas berharap BKN dapat mengoptimalkan mekanisme complaint handling agar pertanyaan maupun keluhan dari masyarakat dapat tertangani dengan baik. "Secara periodik perlu dilakukan koordinasi dengan seluruh Kanreg, karena akan banyak pertanyaan dari calon pelamar CPNS maupun PPPK yang perlu mendapatkan penjelasan dengan baik, sehingga ada pemahaman yang sama," pungkasnya.   Berdasarkan catatan JawaPos.com, untuk menampung banyaknya keluhan masyarakat terkait proses seleksi CPNS 2024, seperti halnya e-meterai yang terjadi beberapa waktu lalu. BKN hanya menyiapkan aduan secara daring.   Dalam hal ini, BKN telah menyediakan Pusat Bantuan bagi calon pelamar CASN melalui https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id/. Pada layanan helpdesk tersebut calon pelamar dapat menanyakan terkait permasalahan terkait data diri, pengaduan data ASN, permasalahan terkait keamanan password, dan keluhan lainnya.  

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #seleksi #cpns #2024 #menteri #panrb #azwar #anas #minta #bikin #crisis #center #online #offline #tampung #keluhan #masyarakat

KOMENTAR