Mengenal Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Salah Satu Museum dekat Kebun Raya Bogor
Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. (Instagram.com @munasain)
16:21
26 September 2024

Mengenal Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Salah Satu Museum dekat Kebun Raya Bogor

– Kota Bogor dikenal memiliki beberapa destinasi wisata yang unik dan dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Selain itu, Kota Bogor juga memiliki beberapa Museum yang dapat dikunjungi saat sedang menyambangi kota yang berjuluk kota hujan ini.

Salah satu museum yang dapat dikunjungi di Kota Bogor ini adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia. Museum ini merupakan salah satu museum etnobotani di Indonesia. Etnobotani sendiri merupakan suatu bidang yang mengkaji tentang hubungan manusia dengan alam dalam mengelola manfaat nya. 

Pada awalnya, Museum ini dikenal dengan nama Museum Etnobotani Indonesia. Melansir dari museum.kemdikbud.go.id, museum ini sendiri diinisiasi oleh Kepala LIPI pada saat itu Prof. Sarwono Prawirohardjo pada tahun 1962, hingga akhirnya diresmikan oleh Menteri Riset dan Teknologi pada tahun 1982 yakni Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie.

 

Lokasi dari Museum ini sendiri berada tidak jauh dari Kebun Raya Bogor, dan hanya berseberangan dengan Museum Balai Kirti yang juga berada di wilayah Kebun Raya Bogor. Alamat resmi Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia adalah Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Jl. Ir. H. Juanda No.22 - 24, RT.02/RW.08, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Museum ini sendiri buka setiap hari dengan rincian, Senin-Jumat dari pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan pada sabtu-minggu serta hari libur nasional dari pukul 07.00 – 16.00 WIB. Dilansir dari laman web Kebun Raya Bogor, biaya masuk museum ini adalah Rp15.000 per orang pada Senin-Jumat, dan Rp25.000 per orang pada hari sabtu-minggu dan hari libur nasional.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau yang dikenal dengan nama singkatnya Munasain, memiliki banyak ragam koleksi yang berkaitan dengan etnobotani di indonesia. Banyak koleksi yang disimpan oleh Munasain sendiri berjumlah sekitar 2000 artefak.

 

Dalam Museum ini juga terdapat bagian yang menampilkan sejarah dari evolusi kehidupan manusia, geografi, geologi, serta budidaya tanaman yang ada di Indonesia. Selain itu, dalam museum ini juga menampilkan perkakas rumah tangga, obat-obatan tradisional, kerajinan, alat musik, serta sandang-pangan yang semuanya berasal dari pengolahan dari alam.

Artefak yang disimpan pada Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia ini sendiri cukup beragam, museum ini mengoleksi mulai dari koleksi tumbuhan serta pendayagunaannya, juga dengan kreasi-kreasi dari para nenek moyang segala suku di Indonesia yang bersumber dari alam sekitar. Sehingga museum ini dapat dijadikan pusat pengetahuan tentang etnobotani di Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau yang dikenal dengan nama singkatnya Munasain ini sendiri dapat dijadikan salah satu destinasi wisata bagi para pendatang ke Kota Bogor jika ingin merasakan sensasi baru dalam mengunjungi kota ini.

Museum ini dapat memiliki manfaat pengetahuan baru untuk para pengunjungnya, sehingga museum ini cocok jika dijadikan tujuan wisata bagi para keluarga untuk memperkenalkan tentang etnobotani yang ada di Nusantara.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #mengenal #museum #nasional #sejarah #alam #indonesia #salah #satu #museum #dekat #kebun #raya #bogor

KOMENTAR