Beragam Ekspresi Sandra Dewi saat Tiba di Kejagung: Senyum, Minta Doa hingga Acungkan 'Saranghae'
Sandra Dewi tampak melontarkan senyum hingga acungkan 'saranghae' saat tiba di Kejagung untuk menjalani pemeriksaan atas kasus korupsi yang menjerat suaminya, Harvey Moeis, Kamis (4/4/2024) 
15:28
4 April 2024

Beragam Ekspresi Sandra Dewi saat Tiba di Kejagung: Senyum, Minta Doa hingga Acungkan 'Saranghae'

Artis Sandra Dewi menyambangi Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Kamis (4/4/2024).

Kedatangan Sandra Dewi itu untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah yang menjerat sang suami, Harvey Moeis.

Melansir Wartakotalive.com, Sandra tiba sekira pukul 09.25 WIB, dengan didampingi seorang pria dan wanita yang diduga merupakan kuasa hukumnya.

Sandra tampak mengenakan kemeja berwarna putih polos dan celana abu-abu.

Sementara rambut panjangnya dibiarkan tergerai.

Ada sejumlah ekspresi yang ditunjukkan Sandra saat berjalan ke Gedung Kejaksaan Agung.

Sandra sempat terlihat menutupi wajahnya dari sengatan matahari menggunakan amplop berwarna cokelat saat menuju Gedung Kejaksaan Agung.

Saat hendak memasuki Gedung Kejaksaan Agung, Sandra melemparkan senyum ke arah wartawan.

Sembari berjalan, wanita yang kini berusia 40 tahun itu meminta doa untuk pemeriksaan yang dijalaninya hari ini.

"Doain ya," katanya kepada wartawan.

Dia juga sempat mengacungkan jempol sambil melambaikan tangan ke awak media.

Ketika hendak masuk ke dalam lift, ibu dua anak itu berbalik badan menghadap awak media untuk memberikan gestur jari berbentuk tanda cinta atau saranghae sembari tersenyum.

Dalam pemeriksaan ini, Sandra hadir sebagai saksi atas perkara yang tengah menjerat suaminya, Kompas.com mewartakan.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tidnak Pidana Khusus Kuntadi mengatakan, pemeriksaan dilakukan guna mendalami soal rekening Harvey Moeis yang sudah diblokir oleh penyidik.

"Kami lakukan pemanggilan terhadap saksi SD dalam rangka untuk meneliti terhadap beberapa rekening yang telah kami blokir tempo hari," ujarnya di Kejagung, Kamis.

Pemeriksaan Sandra juga untuk menemukan rekening yang terindikasi tindak pidana.

Sehingga penyidik tidak salah dalam proses penyitaan dalam kasus ini.

"Mana yang diduga ada kaitannya dengan tindak pidana yang dilakukan oleh sudara HM dan mana yang tidak terkait," terangnya.

Adapun pemeriksaan ini dilakukan setelah suami Sandra, Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka ke-16 dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah IUP PT Timah.

Peran Harvey Moeis

Dalam perkara ini, Harvey berperan sebagai perpanjangan tangan PT Refined Bangka Tin (RBT).

Harvey diduga berperan mengakomodir sejumlah perusahaan terkait penambangan timah liar di Bangka Belitung.

Adapun perusahan yang dimaksud yakni PT SIP, CV VIP, PT SBS, dan PT TIN.

Penambangan liar tersebut dilakukan dengan kedok kegiatan sewa-menyewa peralatan dan processing peleburan timah.

"Tersangka HM ini menghubungi beberapa smelter, yaitu PT SIP, SV VIP, PT SBS, dan PT TIN untuk dipercepat dalam kegiatan dimaksud," kata Dirdik Jampidsus Kejaksaan Agung, Kuntadi dalam konferensi pers, Rabu (27/3/2024).

Artis Sandra Dewi tiba di Gedung Kejaksaan Agung untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/4/2024). Sandra Dewi diperiksa Kejaksaan Agung terkait kasus suaminya Harvey Moeis dengan dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN Artis Sandra Dewi tiba di Gedung Kejaksaan Agung untuk menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (4/4/2024). Sandra Dewi diperiksa Kejaksaan Agung terkait kasus suaminya Harvey Moeis dengan dugaan korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah tahun 2015-2022. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Namun sebelum itu, Harvey terlebih dulu berkoordinasi dengan petinggi perusahaan negara, PT Timah sebagai IUP.

Petinggi yang dimaksud adalah M Riza Pahlevi Tabrani selaku mantan Direktur Utama PT Timah yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Kuntadi mengatakan, Harvey menghubungi M Riza Pahlevi Tabrani pada 2018-2019.

Setelah penambangan liar itu, Harvey meminta enam perusahaan yang disebutkan sebelumnya, untuk menyisihkan keuntungannya.

Sebagian keuntungan itu kemudian mengalir ke Corporate Social Responsible (CSR) PT Quantum Skyline Exchange (QSE) yang manajernya adalah crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK), Helena Lim.

Helena Lim diketahui sudah ditetapkan sebagai tersangka lebih dulu ketimbang Harvey.

"Atas kegiatan tersebut, maka selanjutnya saudara HM ini meminta para smelter untuk menyisikan sebagain dari keuntungannya diserahkan kepada yang bersangkutan dengan partner pembayaran dana CSR yang dikirim para pengusaha smelter ini kepada HM melalui PT QSE yang difasilitasi oleh tersangka HLN," pungkasnya.

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BREAKING NEWS: Sandra Dewi Tiba di Kejagung, Diperiksa Kasus Korupsi Sang Suami Harvey Moeis

(Tribunnews.com/Nanda Lusiana, Wartakotalive.com/Abdi Ryanda Shakti/Ashri Fadilla, Kompas.com/Rahel Narda Chaterine)

Editor: Salma Fenty

Tag:  #beragam #ekspresi #sandra #dewi #saat #tiba #kejagung #senyum #minta #hingga #acungkan #saranghae

KOMENTAR