Pesan Terakhir Donny Kesuma sebelum Tutup Usia, Minta Anaknya Sukses hingga Tak Mau Keluarga Sedih
Donny Kesuma dan Putranya, Ghassan - Mengenang sosok ayahnya, Ghassan pun mengungkapkan respon terakhir yang dikatakan Donny Kusuma, inginkan anak-anaknya sukses dan meneruskan jejaknya. 
10:14
20 Maret 2024

Pesan Terakhir Donny Kesuma sebelum Tutup Usia, Minta Anaknya Sukses hingga Tak Mau Keluarga Sedih

Kabar duka hadir dari dunia hiburan Tanah Air.

Aktor Donny Kesuma meninggal dunia pada Selasa (19/3/2024).

Diketahui sebelumnya Donny Kesuma dilarikan ke ICU rumah sakit daerah Bekasi, Jawa Barat pada 16 Maret 2024 karena jatungnya melemah.

Setelah dirawat selama 4 hari, kondisi Donny Kesuma akhirnya mengalami penurunan dan menghembuskan nafas terkahirnya pada Selasa sore.

Hal itu diungkapkan oleh Ghassan Indira Kesuma, putra Donny Kesuma saat menceritakan kondisi ayahnya di saat-saat terakhir.

"Terakhir dokter keluarga dan dokter sepakat memutuskan untuk melakukan pompa manual pada jantungnya, namun udah 20 menit sayangnya papa enggak bisa ketolong," kata Ghassan, dikutip dari YouTube Intens Investigasi, Rabu (20/3/2024).

Mengenang sosok ayahnya, Ghassan pun mengungkapkan respon terakhir yang dikatakan Donny Kusuma.

Putra Donny Kusuma mengatakan jika ayahnya menginginkan anak-anaknya sukses dan dapat meneruskan jejaknya.

"Respon terakhir Papa mungkin pengen anak-anaknya sukses dan bisa meneruskan seperti papa jejaknya seperti Papa," ucap Ghassan.

Sebelum kondisinya menurun dan dilarikan ke ICU, Donny Kesuma juga mengamanatkan kepada putranya tersebut untuk menjaga nama keluarganya.

"Sebelumnya ini juga sih mungkin apa ya harus jadi anak yang sukses pastinya, harus jaga nama baik keluarga itu aja sih yang aku ingat," sambung Ghassan.

Ghassan juga teringat jika ayahnya pernah mengatakan suatu hal yang harus dilakukan keluarganya jika aktor berusia 55 tahun ini dipanggil menghadap sang pencipta.

Yakni Donny Kesuma menginginkan keluarganya terlihat sedih sepeninggalnya.

"Kita semua pasti enggak ready ya kehilangan orang yang tersayang. Dari kita harus kuat aja karena sebenarnya Papa pun gak mau kita ngelihat kita sedih," ungkap Ghassan.

Pesan tersebut rupanya pernah disampaikan pria bernama lengkap Donny Kesuma Hudayat itu selepas mentahlilkan sang Ibunda (nenek Ghassan).

"Kan sebelum ini nenek yang udah enggak ada. Dari nenek pun katanya tahlilannya pun juga enggak mau yang terlalu sedih. Nah itu turun juga ke Papa."

"Papa juga ngomong kalau dia saat tahlilannya itu nanti mungkin ya dibantu dengan bacaan ayat-ayat Al Quran, tapi tidak mau semuanya terlihat sendih," beber Ghassan.

Kronologi Donny Kesuma Sebelum Hembuskan Nafas Terakhir

Sempat dikabarkan membaik, kondisi Donny Kesuma kembali menurun pada Selasa sore hingga akhirnya meninggal dunia sekira pukul 19.19 WIB.

Ghassan, putra Donny Kesuma mengungkapkan dosis obat untuk sang ayah sempat diturunkan.

"Papa cukup membaik progresnya dosis-dosis obat mulai diturunin. Namun mungkin Allah bertakdir lain," terang Ghassan.

Sepulang dari kampus sekitar pukul 16.30, Ghassan mendapat kabar bahwa kondisi sang ayah melemah.

"Setelah pulang kampus itu sampai rumah jam 15.00 pokoknya jam 16.30 dikabarin sama kakakku. Dikabarinnya bahwa Papa kabarnya ngedown lagi. Aku langsung buru-buru ke sana (rumah sakit)," ujarnya.

Atas kondisinya tersebut, Donny Kesuma kembali diberikan obat dengan dosis tertinggi.

Ghassan Kesuma ketika menjelaskan soal sakit Donny Kesuma sebelum meninggal dunia, ditemui di rumah duka di kawasan Galaxy Bekasi Barat, Selasa (19/3/2024). Ghassan Kesuma ketika menjelaskan soal sakit Donny Kesuma sebelum meninggal dunia, ditemui di rumah duka di kawasan Galaxy Bekasi Barat, Selasa (19/3/2024). (Tribunnews.com/bayu indra permana)

"Ternyata di sana untuk penyelamatan udah dikasih obat dikembalikan ke dosis yang paling tinggi lagi," bebernya.

Kondisi Donny Kesuma memburuk, dokter dan keluarga sepakat untuk dilakukan pompa manual pada jantungnya.

Dikatakan Ghassan, sang ayah sempat mendapat tindakan pompa manual selama 20 menit namun takdir berkata lain.

"Ternyata ada penurunan (kondisi Donny) akhirnya 20 menit terakhir keluarga dan dokter sepakat untuk melakukan pompa manual pada jantungnya."

"Namun udah 20 menit sayangnya Papa nggak bisa ketolong," papar Ghassan.

(Tribunnews.com/M Alvian F)

Editor: Yurika NendriNovianingsih

Tag:  #pesan #terakhir #donny #kesuma #sebelum #tutup #usia #minta #anaknya #sukses #hingga #keluarga #sedih

KOMENTAR