Cara Mudah Cek Versi Android dan Spesifikasi HP
Ilustrasi HP Android. (Pixabay/@pexels)
11:08
22 April 2024

Cara Mudah Cek Versi Android dan Spesifikasi HP

Ada kalanya pengguna mengunduh aplikasi namun tidak dapat menginstalnya karena aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan ponsel Android yang digunakan. Oleh karena itu, pengguna harus memeriksa versi Android dan spesifikasi lainnya terlebih dahulu agar hal itu tidak terjadi.

Jika pengguna tidak tahu bagaimana cara melakukannya, ikuti panduan di bawah ini untuk memeriksa versi Android dan spesifikasi HP lainnya:

Cara memeriksa versi Android

Untuk memeriksa versi Android mana yang sedang dijalankan ponsel, pengguna harus membuka aplikasi Settings. Perhatikan bahwa versi Android yang mungkin dimiliki ponsel saat pertama kali membelinya mungkin tidak sama dengan versi yang sekarang beroperasi di perangkat.

  • Buka aplikasi Settings di HP atau ketuk ikon berbentuk roda gigi yang muncul di bawah tombol Quick Settings.
  • Geser ke bawah dan buka bagian About phone.
  • Cari bagian Android version untuk memeriksa versi mana yang dijalankan ponsel.
  • Ketuk untuk melihat informasi lebih lanjut, seperti nomor build versi saat ini atau kapan ponsel menerima pembaruan keamanan Android terakhir. Pengguna mungkin juga dapat melihat versi skin khusus jika ponsel dilengkapi dengan versi tersebut.
  • Untuk memeriksa apakah ada pembaruan perangkat lunak baru untuk perangkat, kembali ke halaman Settings.
  • Pilih System > System update.
  • Tekan tombol Check for update untuk melihat apakah pengguna dapat meningkatkan versi perangkat lunak.
  • Jika ada pembaruan yang tertunda, disarankan untuk segera menginstalnya.
Ilustrasi HP Android. [Pixabay]Ilustrasi HP Android. [Pixabay]

Cara memeriksa nomor model HP dan spesifikasi lainnya

Jika pengguna memerlukan informasi tambahan mengenai ponsel, akses melalui salah satu metode berikut:

Melalui Settings

Buka Settings > About phone dan temukan bagian Model untuk memeriksa model ponsel perangkat. Pengguna juga dapat melihat informasi tentang nomor seri ponsel dan versi perangkat kerasnya.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengetahui nomor IMEI. Mengetahui nomor IMEI ponsel terbukti penting untuk berbagai tujuan, seperti melacak ponsel yang hilang atau dicuri atau mencegah perangkat mengakses jaringan jika dilaporkan sebagai dicuri. Pengguna mungkin juga memerlukannya untuk masalah terkait garansi dan layanan.

Tergantung pada model Android yang digunakan, bagian About phone mungkin menyertakan informasi tentang spesifikasi ponsel, termasuk CPU, RAM, dan detail tampilan.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika pengguna tidak ingin mengutak-atik aplikasi Settings atau tidak dapat melihat spesifikasi perangkat, pengguna mungkin ingin menginstal aplikasi pihak ketiga dan menyediakan informasi tersebut di satu tempat, salah satunya adalah aplikasi Device info.

Ini adalah aplikasi yang menawarkan gambaran menyeluruh tentang perangkat pengguna. Dengan antarmuka yang sangat mudah diakses, aplikasi tersebut menyediakan informasi sistem yang disusun berdasarkan kategori, seperti perangkat, sistem, CPU, jaringan, hingga sensor.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk memeriksa versi Android dan spesifikasi HP lainnya dengan mudah.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mudah #versi #android #spesifikasi

KOMENTAR