5 Cara Jitu Kembalikan Email yang Hilang di Gmail, Gak Pusing Lagi!
Ilustrasi Gmail. [Shutterstock]
09:08
16 April 2024

5 Cara Jitu Kembalikan Email yang Hilang di Gmail, Gak Pusing Lagi!

Ada banyak alasan mengapa email menghilang dari Gmail, baik pengguna tidak sengaja menghapus email atau menghilang karena alasan yang tidak diketahui. Namun, jangan panik karena pengguna bisa mengembalikan email yang hilang di Gmail.

Berikut ini lima cara untuk mengembalikannya:

1. Periksa kotak Spam

Ada kemungkinan email yang hilang difilter sebagai spam oleh Gmail. Untuk mengakses kotak Spam, pilih Spam dari panel menu kiri. Jika email yang hilang ada di folder Spam, pilih kotak centang di sebelahnya, lalu pilih opsi Not spam.

2. Tinjau email yang dihapus

Tidak menutup kemungkinan bahwa email pengguna yang hilang tidak sengaja terkirim ke sampah. Dari panel menu kiri, pilih Trash atau More > Trash.

Jika pengguna menemukan email tersebut, klik kanan email itu, dan pilih opsi Move to inbox.

Ilustrasi Gmail (Pixabay/Dyedryreyes)Ilustrasi Gmail (Pixabay/Dyedryreyes)

3. Periksa folder All Mail

Folder ini menampilkan semua yang ada di akun email pengguna, termasuk email yang diarsipkan dan konten tab Social, Updates, Forums, dan Promotions. Cukup klik dan seret email untuk memindahkannya ke kotak masuk.

4. Cari email yang hilang

Email Gmail ang hilang mungkin terkubur di bawah email lain. Pengguna dapat mencarinya menggunakan kata kunci apa pun, mulai dari subjek, penerima, pengirim asli, tanggal, atau isi teks.

5. Gunakan Gmail Message Recovery Tool

Jika seluruh tips di atas tidak membantu untuk menemukan email yang hilang, pengguna bisa menggunakan Gmail Message Recovery Tool. Meskipun layanan ini biasanya disediakan untuk akun yang diretas atau ketika sebuah email telah terhapus dengan cara yang salah, terkadang layanan ini dapat mengembalikan email yang hilang.

Dengan melakukan salah satu cara di atas, diharapkan pengguna bisa menemukan kembali email yang hilang di Gmail.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #jitu #kembalikan #email #yang #hilang #gmail #pusing #lagi

KOMENTAR