WhatsApp dan Instagram Punya Chatbot AI Sendiri, Mirip ChatGPT
Ilustrasi WhatsApp. [Pexel]
08:16
15 April 2024

WhatsApp dan Instagram Punya Chatbot AI Sendiri, Mirip ChatGPT

Perusahaan teknologi Meta resmi memperkenalkan chatbot kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bernama Meta AI. Platform yang mirip seperti ChatGPT ini akhirnya diuji coba ke produk lain seperti WhatsApp dan Instagram.

Chatbot Meta AI ini berfungsi layaknya percakapan direct messages (DM) ke teman kalian layaknya ChatGPT. AI ini memanfaatkan large language model (LLM) buatan Meta yang disebut Llama 2.

Namun produk ini belum secanggih ChatGPT, Meta AI masih fokus pada menawarkan rekomendasi topik obrolan, sebagaimana dilansir dari Gizchina, Minggu (14/4/2024).

Meta AI yang tertanam di Instagram ini masih fokus pada rekomendasi percakapan yang mirip seperti awal ChatGPT dirilis. Tapi tak menutup kemungkinan kalau di masa depan produk AI ini bisa dipakai untuk membuat konten feed, stories, atau reels yang menarik.

Begitu pula Meta AI yang diuji coba di WhatsApp. Pengguna bisa menanyakan apapun soal informasi yang ingin diketahui.

Tapi Meta AI belum bisa membuat artikel panjang ataupun kemampuan canggih lainnya yang sudah mampu dilakukan ChatGPT buatan OpenAI.

Kendati begitu ini masih dalam tahap uji coba. Jadi tidak semua pengguna bisa menikmati chatbot Meta AI di Instagram dan WhatsApp.

Namun Meta memastikan kalau platform AI tersebut bakal diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa bulan ke depan.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #whatsapp #instagram #punya #chatbot #sendiri #mirip #chatgpt

KOMENTAR