Saat Perjalanan Mudik, Indikator BBM Mobil Sudah di Posisi E, Jangan Panik Berlebihan, Segini Sisanya di Dalam Tangki
Ilustrasi: Indikator bensin menjadi instrumen yang wajib diperhatikan bagi pengendara mobil. (ADM)
13:08
3 April 2024

Saat Perjalanan Mudik, Indikator BBM Mobil Sudah di Posisi E, Jangan Panik Berlebihan, Segini Sisanya di Dalam Tangki

- Pernahkah Anda merasa panik saat melihat indikator BBM mobil menunjukkan huruf E saat sedang dalam perjalanan? Biasanya pengendara percaya bahwa tanda itu menunjukkan bahwa tangki bensin Empty atau kosong.

Memang sebagian orang tentu akan merasa was was dengan kondisi tersebut. Namun, tahukah Anda ternyata indikator bensin yang menunjukkan huruf E bukan berarti tangki bensin Anda sepenuhnya kosong.

Terkait dengan hal tersebut, sejatinya bensin tidak benar-benar habis. Tidak perlu repot atau was was saat indikator bensin menunjukkan huruf E. Pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) memaparkan, saat indikator bensin mobil sudah menunjukkan E sebenarnya tangki masih memiliki cadangan sebanyak kurang lebih 6-10 liter.

"Kita bicara rata-rata ya. Kebanyakan mobil saat ini segitu, sisa bensin dalam tangki saat posisi sudah E atau sisa satu strip. Tapi bukan berarti bisa tetap jalan atau dipaksa jalan jauh. Baiknya segera isi," jelas pihak ADM saat ditemui JawaPos.com belum lama ini.

Ambil contoh rata-rata mobil Daihatsu memiliki kapasitas tangki sebanyak 45 liter. Oleh karena itu saat indikator bensin menunjukkan huruf E mobil masih bisa bergerak sejauh 50 kilometer dengan cadangan bensin tersebut di kondisi jalanan yang tidak macet.

Lalu, apa sebenarnya arti huruf E di indikator bensin?

Beberapa mengartikan huruf E pada indikator bensin berarti Empty atau kosong sebab letaknya berlawanan dari huruf F yang berarti kondisi tangki berisi penuh. Ada juga yang mengartikan E sebagai emergency atau darurat. Lalu sebenarnya definisi apa yang benar?

Terlepas dari arti Empty ataupun Emergency memang sebaiknya Anda segera menuju SPBU terdekat, namun bukan berarti kondisi bensin mobil benar-benar habis dan tidak bisa jalan.

Secara umum, jika mobil Anda menunjukkan huruf E pada indikator bensinnya, setidaknya bensin masih tersisa 10-15 persen dari total kapasitas bensin. Sementara total kapasitas bensin tiap mobil berbeda-beda sesuai jenisnya. Oleh karena itu pastikan Anda mengetahui kapasitas full bensin mobil Anda.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #saat #perjalanan #mudik #indikator #mobil #sudah #posisi #jangan #panik #berlebihan #segini #sisanya #dalam #tangki

KOMENTAR