LinkedIn Uji Tampilan Baru ala Video TikTok, Tapi Bukan untuk Hiburan
LinkedIn (Souvik Banerjee/Unsplash)
19:32
31 Maret 2024

LinkedIn Uji Tampilan Baru ala Video TikTok, Tapi Bukan untuk Hiburan

LinkedIn tengah menguji coba tampilan beranda (feed) berupa video pendek horizontal yang mirip TikTok. Dengan demikian aplikasi milik Microsoft ini mengikuti jejak platform lain seperti Instagram, YouTube, hingga Snapchat yang meniru TikTok.

Tampilan baru LinkedIn ini pertama kali ditemukan oleh pengguna bernama Austin Null. Ia memperlihatkan adanya tab baru bernama 'Video' yang ada di bilah atas aplikasi.

Saat tombol Video itu diketuk, pengguna akan masuk ke tampilan beranda dengan format video pendek layaknya TikTok. Jika mau lihat konten lain, kalian hanya tinggal scroll dari bawah ke atas.

Selain itu pengguna juga bisa menyukai video (like), komentar, atau membagikan konten tersebut, dikutip dari Techcrunch, Minggu (31/3/2024).

Ini memang mirip seperti platform video vertikal layaknya TikTok atau Shorts. Namun LinkedIn tidak akan menampilkan konten hiburan seperti komedi atau memasak, melainkan untuk karier dan profesionalisme.

Feed baru ini juga dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan bertemunya orang-orang satu sama lain di platform dengan format video.

LinkedIn menyebut kalau video merupakan salah satu format konten yang diinginkan pengguna untuk belajar dari para profesional maupun pakar. Hal inilah yang menyebabkan mereka melakukan uji coba ala video TikTok.

Hanya saja fitur ini masih dalam tahap uji coba awal. Jadi tidak semua pengguna bisa mengaksesnya.

Ini juga bukan kali pertama LinkedIn mengikuti tren media sosial. Sebelumnya mereka menguji coba fitur Stories, mirip seperti yang dimiliki Instagram.

Hanya saja eksperimen fitur itu hanya bertahan kurang dari setahun. Twitter alias X juga sempat memiliki fitur serupa, yang kemudian juga dihapus.

Editor: Dicky Prastya

Tag:  #linkedin #tampilan #baru #video #tiktok #tapi #bukan #untuk #hiburan

KOMENTAR