3 Cara Mengunci Folder di Windows 11, Data Makin Aman!
Ilustrasi Windows 11. [Unsplash/Windows]
06:32
6 Maret 2024

3 Cara Mengunci Folder di Windows 11, Data Makin Aman!

Pengguna Windows 11 dapat mengunci folder guna menjaga keamanan data di dalamnya. Terdapat beberapa cara untuk mengunci folder di Windows 11.

Berikut ini panduan lengkap cara mengunci folder di Windows 11:

Cara mengenkripsi folder di Windows 11

Cara termudah untuk mengunci folder adalah dengan mengaktifkan enkripsi. Melakukan hal ini mencegah pengguna komputer lain membuka atau melihat file.

Pengguna harus masuk ke akun untuk membuka file di folder yang dikunci. Fitur ini sudah ada di dalam Windows 11 dan sangat mudah untuk mengaktifkannya.

  • Temukan folder yang ingin dikunci, lalu klik kanan dan pilih Properties.
  • Dari tab General, pilih Advanced di bagian bawah.
  • Pilih opsi Encrypt contents to secure data.
  • Pilih OK untuk menyimpan, lalu OK lagi di jendela yang muncul.
  • Pilih Apply changes to this folder, subfolders and files > OK untuk memastikan bahwa semua folder dalam bagian ini juga dikunci.

Sekarang Windows 11 menempatkan ikon kunci pada folder untuk menunjukkan bahwa folder tersebut dienkripsi di belakang kata sandi pengguna. Jika ingin membuka file di folder tersebut, maka pengguna harus login dengan akun pengguna.

Windows 11. [Windows]Windows 11. [Windows]

Cara melindungi folder dengan kata sandi di Windows 11

Sayangnya, tidak ada fungsi bawaan di Windows 11 yang memberikan kata sandi unik untuk setiap folder yang ingin dikunci. Namun, ada banyak program perangkat lunak pihak ketiga yang dapat melakukan hal itu.

Beberapa contohnya adalah 7-Zip dan Wise Folder Hider.

7-Zip adalah alat arsip. Artinya, program ini dapat mengompresi folder sambil menerapkan kata sandi ke dalamnya. Pengguna dapat berbagi folder yang terkunci dengan siapa pun, meskipun penerimanya tidak menginstal 7-Zip.

Sedangkan Wise Folder Hider dapat menyembunyikan folder sehingga tidak terlihat di laptop atau komputer seperti folder biasa. Program ini juga dapat memasukkan kata sandi pada folder tersebut sehingga jika seseorang menemukannya, orang itu tidak dapat membukanya tanpa kata sandi.

Itulah yang dapat pengguna lakukan untuk mengunci folder di Windows 11.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #mengunci #folder #windows #data #makin #aman

KOMENTAR