Cara Cek dan Update HyperOS di HP Xiaomi
Ilustrasi HyperOS di Redmi Note 12. [Dok. Xiaomi Indonesia]
19:40
15 Februari 2024

Cara Cek dan Update HyperOS di HP Xiaomi

Berikut adalah cara cek dan update HyperOS di HP Xiaomi. Caranya mudah karena Xiaomi sudah memberikan panduannya.

Sebagaimana diketahui, HyperOS adalah sistem operasi buat Xiaomi yang rencananya akan digunakan di berbagai perangkat terbaru mereka. Bukan hanya HP, kendaraan dan rumah yang dirilis Xiaomi juga akan dilengkapi dengan sistem operasi ini.

HyperOS akan menganjurkan penggunanya pemfaktoran ulang lengkap untuk memaksimalkan kemampuan perangkat keras perangkat, memastikan kelancaran kinerja dan penjadwalan sumber daya yang efektif.

 HyperOS memungkinkan perangkat canggih melakukan komputasi lebih cepat, memberikan penjadwalan cepat untuk tugas-tugas penting, dan memungkinkan perangkat ringan melakukan komputasi terdistribusi secara fleksibel.

Apa perbedaan HyperOS dengan MIUI?

HyperOS berbeda secara signifikan dari MIUI karena dibangun di atas AOSP (Android Open Source Project) dan sistem Vela milik Xiaomi, berbeda dengan ketergantungan MIUI pada Android Google. 

Perubahan ini memungkinkan OS ini berjalan secara efisien pada perangkat dengan ukuran RAM yang bervariasi dan memberi Xiaomi lebih banyak fleksibilitas dalam memilih fitur, bebas dari kendala layanan Google.

HyperOS berbasis Android 14 menawarkan peningkatan kinerja, waktu booting lebih cepat, dan pengoperasian latar belakang yang lancar. Ini kompatibel dengan berbagai perangkat ekosistem Xiaomi, seperti ponsel cerdas, jam tangan , dan TV, menjadikannya pilihan yang menjanjikan bagi mereka yang mencari fitur-fitur inovatif.

Buat Anda yang penasaran mencoba HyperOS di HP Xiaomi, Anda bisa cek dan update OS-nya melalui Pengaturan di ponsel Anda.

Cara Cek dan Update HyperOS di HP Xiaomi

  1. Masuk menu Pengaturan (Settings) 
  2. Pilih menu Tentang ponsel (About phone) 
  3. Klik ikon logo MiUI yang ada di tampilan paling atas 
  4. Jika update HyperOS sudah tersedia, maka akan muncul keterangan bahwa "pembaruan tersedia" 
  5. Tapi apabila belum, maka tampilannya masih disertai logo MiUI yang terinstal

Kelebihan HyperOS

  1. HyperOS jauh lebih hemat penyimpanan dibandingkan MIUI. Sistem operasi ini menggunakan ruang sekitar 30% lebih sedikit dibandingkan MIUI 14, sehingga berkontribusi pada kinerja yang lebih lancar dan lancar.
  2. HyperOS meningkatkan pemanfaatan RAM, memungkinkan aplikasi tetap aktif lebih lama dan mengurangi frekuensi memuat ulang aplikasi.
  3. HyperOS meningkatkan pemanfaatan RAM, memungkinkan aplikasi tetap aktif lebih lama dan mengurangi frekuensi memuat ulang aplikasi.

Itulah cara cek dan update HyperOS di HP Xiaomi yang mungkin sedang Anda cari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Damai Lestari

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #cara #update #hyperos #xiaomi

KOMENTAR