Porsche Kembali Umumkan Recall, Kali Ini Karena Baterai Bermasalah, Ribuan Mobil Listrik Porsche Taycan Berpotensi Terbakar
Ilustrasi mobil listrik Porsche Taycan yang dipasarkan di Indonesia. (RianAlfianto/JawaPos.com)
16:24
11 Oktober 2024

Porsche Kembali Umumkan Recall, Kali Ini Karena Baterai Bermasalah, Ribuan Mobil Listrik Porsche Taycan Berpotensi Terbakar

– Porsche baru-baru ini mengeluarkan pengumuman recall atau penarikan kembali pada mobil sedan listrik Taycan mereka.

Penyebabnya adalah risiko baterai bertegangan tinggi mobil listrik tersebut mengalami korsleting, sesuatu yang dapat menyebabkan kebakaran hebat.

Penarikan kembali ini mencakup Taycan dari model tahun 2021–2024, di mana terdapat 27.527 contoh yang terkena dampak di Amerika Serikat (AS), dilansir dari Motor Authority.

Menurut pemberitahuan penarikan kembali yang diterbitkan NHTSA pada 1 Oktober (nomor kampanye penarikan kembali 24V732000), masalah itu mungkin disebabkan oleh masalah produksi pada pemasok baterai. Baterai di Taycan dipasok oleh LG Energy Solution dan dirakit di sebuah pabrik di Polandia.

Porsche mengatakan bahwa mereka telah menemukan masalah tersebut melalui analisis data dan analisis perangkat keras. Pihak Porsche memutuskan untuk memulai penarikan kembali pada bulan September.

Produsen mobil tersebut mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui adanya Taycan yang mengalami masalah baterai tersebut. Solusinya melibatkan pemasangan perangkat lunak diagnostik baru, yang diharapkan akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2025.

Sementara itu, Porsche berencana memantau data kendaraan daring yang tersedia dan menghubungi pemilik bila perlu. Meminta pemilik membatasi pengisian daya baterai Taycan mereka hingga maksimum 80 persen.

Pada mobil yang tidak memiliki data daring, diler akan melakukan uji diagnostik, mengganti baterai jika diperlukan, dan menyarankan pemilik untuk membatasi pengisian daya hingga 80 persen.

Ini adalah penarikan kembali besar-besaran kedua untuk Taycan dalam beberapa bulan terakhir. Pada bulan Juni lalu, Porsche mengumumkan penarikan kembali untuk Taycan dari setiap tahun model, termasuk Taycan yang diperbarui yang diluncurkan untuk tahun 2025. Karena potensi kebocoran minyak rem.

Mengenai Porsche Taycan listrik, mobil tersebut juga dijual di Indonesia. Taycan listrik meluncur beberapa waktu lalu di ajang GIIAS 2024. Namun tidak diketahui apakah Taycan listrik tersebut merupakan model yang sama dengan yang dikabarkan mudah terbakar.

Saat peluncuran di Indonesia, pihak Porsche Indonesia menyebut kalau sejak Taycan diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2020, mobil sport all-electric pertama Porsche itu dikatakan telah diterima dengan sangat baik. Kini, Taycan baru telah ditingkatkan secara komprehensif di berbagai sektor.

"Bersamaan dengan hal ini, kami terus mengembangkan infrastruktur pengisian daya listrik. Dan hingga saat ini kami telah memasang tujuh stasiun Porsche Destination Charging di seluruh Jawa dari Jakarta hingga Bali. Yang sebagian besar terletak di destinasi lifestyle seperti hotel dan resort mewah, dan akan ada lebih banyak lagi Porsche Destination Charging yang akan dibangun di tahun ini," jelas Alexander Riedel, General Manager Porsche Indonesia beberapa waktu lalu di GIIAS 2024. 

Editor: Bayu Putra

Tag:  #porsche #kembali #umumkan #recall #kali #karena #baterai #bermasalah #ribuan #mobil #listrik #porsche #taycan #berpotensi #terbakar

KOMENTAR