Cara Memperbaiki Layar Ponsel Retak
Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Ashkan Forouzani]
11:00
27 Januari 2024

Cara Memperbaiki Layar Ponsel Retak

Jika smartphone yang pengguna gunakan tidak memiliki case pelindung, goresan dan retakan pada layar tidak bisa dihindari.

Pengguna dapat memperbaiki layar retak pada ponsel, sehingga menghemat biaya perbaikan. Namun sebelum itu, pengguna harus mengetahui penyebab layar ponsel retak.

Penyebab layar retak pada ponsel

Tak peduli seberapa hati-hati pengguna dalam menggunakan ponsel, pengguna dapat merusak layar HP secara tidak sengaja melalui beberapa cara:

  • Menjatuhkannya pada permukaan yang keras.
  • Menduduki ponsel.
  • Menabrak sesuatu saat ponsel ada di saku atau tas.
  • Menggunakan apa pun selain stylus sebagai stylus.

Cara memperbaiki layar retak pada smartphone

Pengguna memiliki beberapa opsi untuk memperbaiki layar retak tergantung pada tingkat keparahan kerusakannya, sebagai berikut:

1. Gunakan selotip

Gunting selotip kecil dan letakkan di atas retakan. Jika kerusakan terjadi di sepanjang sisi ponsel, gunakan pisau X-Acto untuk memotong selotip.

2. Gunakan lem super

Lem cyanoacrylate atau lebih dikenal dengan lem super dapat menutup retakan kecil. Gunakan sesedikit mungkin, dan bersihkan sisa perekat dengan hati-hati menggunakan kapas atau kain.

3. Mengganti layar sendiri

Jika layar sentuh masih berfungsi, pengguna dapat mengganti kacanya sendiri. Alat yang diperlukan akan bergantung pada jenis ponsel.

Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Kostiantyn Li]Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Kostiantyn Li]

4. Minta toko resmi untuk memperbaikinya

Jika ponsel masih dalam garansi, produsen resmi dapat mengganti perangkat secara gratis. Sekalipun sudah habis masa berlakunya, pabrikan mungkin akan memperbaikinya dengan harga tertentu. Sebagian besar garansi pabrik tidak mencakup kerusakan yang tidak disengaja, tetapi pengguna dapat membeli garansi sekunder yang mencakup kerusakan tersebut.

5. Tukarkan ponsel

Jika pengguna ingin melakukan upgrade, pengguna sebaiknya menukar perangkat yang rusak dan menggunakan uang yang pengguna peroleh untuk membeli yang baru.

Itulah beberapa hal yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaiki layar retak pada ponsel.

Editor: Lintang Siltya Utami

Tag:  #cara #memperbaiki #layar #ponsel #retak

KOMENTAR