Bak Bumi dan Langit, Netizen Malaysia 'Iri' dengan Poster Timnas Indonesia
Perbandingan poster Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia. (X)
19:08
4 Oktober 2024

Bak Bumi dan Langit, Netizen Malaysia 'Iri' dengan Poster Timnas Indonesia

Sebuah utas yang membandingkan beberapa poster timnas di Asia Tenggara viral menjadi perbincangan. Netizen Malaysia sepertinya 'iri' dengan poster pengenalan Timnas Indonesia.

Mereka membandingkan kualitas grafis hingga susunan pemain pada skuad Garuda. Tak sedikit yang menuntut agar FAM (Football Association of Malaysia) melakukan pembaruan kebijakan untuk menunjuk desain grafis anyar.

"Lihatlah bagaimana Indonesia dan Thailand mengumumkan skuad mereka. Lalu lihatlah kita," tulis @keeshmatstats. Pemilik akun merupakan netizen sekaligus komentator bola asal Malaysia. Utas yang diunggah viral usai menerima 9.400 tanda suka dan dibagikan 1.200 kali.

Dari ratusan komentar, sebagian netizen Malaysia turut mengkritik desain poster yang dibagikan oleh akun resmi @famalaysia. Menurut netizen, poster pengenalan Timnas Indonesia dan Thailand lebih baik dibanding poster milik Malaysia.

Baca Juga: Perbandingan Gaji Branko Ivankovic vs Shin Tae-yong, Terlalu Jauh Bak Bumi dan Langit

Postingan yang diunggah merupakan salah satu konten milik akun akun resmi @timnasindonesia. Akun timnas saat itu membagikan daftar 27 nama yang dipanggil untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026. "Pemanggilan 27 pemain timnas. Asian Qualifiers R3 vs Bahrain & Tiongkok," tulis @timnasindonesia.

Poster tersebut dibagikan bersama pengumuman dari akun @famlaysia. "Berikut senarai nama 27 pemain yang dipanggil oleh ketua jurulatih kebangsaan, Pau Marti untuk ke kem latihan pusat skuad Harimau Malaya bermula Ahad, 6 Oktober 2024 bagi menghadapi Perlawanan Antarabangsa Tier 1 menentang New Zealand di Stadium North Harbour, Auckland pada Isnin, 14 Oktober 2024," ungkap @famlaysia.

Netizen Malaysia mempertanyakan mengapa poster terlihat begitu sederhana padahal diunggah oleh akun milik federasi.

Tak sedikit yang merasa miris mengingat skuad mereka disponsori oleh banyak brand besar. Postingan viral mengenai perbandingan poster timnas tersebut mendapat beragam komentar dari netizen.

"Mengapa mereka memilih warna oranye untuk background? Bukankah federasi kita punya warna hitam dan kuning?" cuit @da**e**ddaz.

Baca Juga: Sebut Tim Tak Solid, Media Cina Anggap Remeh Timnas Indonesia?

Poster pemanggilan skuad dari Timnas Malaysia. (Instagram @famalaysia)Poster pemanggilan skuad dari Timnas Malaysia. (Instagram @famalaysia)

"Sangat jelas upaya Indonesia dan Thailand dalam memberikan pride tersendiri pada pengumuman skuad. Mereka menggunakan visual apik, strategi media sosial, dan video yang menarik perhatian. Di sisi lain, pengumuman skuad Malaysia terasa sangat sederhana dan kurang kreativitas," pendapat @s**ao*395.

"Sebaiknya kita mencari desainer grafis baru," balas @Pi**ni**008.

"Sorry bang, gue lihat kayak template di Picsart," komentar akun suporter Indonesia @m**y4*a.

"Dari sekian banyak sponsor besar, apakah kita tak bisa menggaji desain grafis yang berkualitas?" nyinyir @d**u**mbo.

Editor: Agung Pratnyawan

Tag:  #bumi #langit #netizen #malaysia #dengan #poster #timnas #indonesia

KOMENTAR