Pakai Mobil Rakyat Lagi, Paus Fransiskus Tumpangi Toyota Sienta Saat Kunjungi Timor Leste, Ingat-ingat Spesifikasinya  
Toyota Sienta silver, mobil yang mirip dengan yang ditumpangi Paus Fransiskus di Timor Leste. (OLX).
09:04
10 September 2024

Pakai Mobil Rakyat Lagi, Paus Fransiskus Tumpangi Toyota Sienta Saat Kunjungi Timor Leste, Ingat-ingat Spesifikasinya  

 

– Kesederhanaan Paus Fransiskus dalam lawatannya berlanjut setelah di Indonesia dan Papua Nugini. Kalau di Indonesia Paus Fransiskus menumpangi mobil Toyota Innova Zenix, lalu di Papua Nugini naik Toyota Raize, di Timor Leste beda lagi.

Di Timor Leste, Paus Fransiskus hanya menggunakan mobil Toyota Sienta yang tampaknya merupakan keluaran lama. Mobil yang dipakai Paus Fransiskus di Timor Leste berwarna silver atau abu-abu.

Setelah mengakhiri kunjungan empat harinya di Papua Nugini, Paus Fransiskus pada hari Senin (9/9) melakukan perjalanan ke Timor-Leste, satu-satunya negara dalam rencana kunjungannya di mana umat Katolik merupakan mayoritas. 

Pesawat kepausan, yang disewa dari Air Niugini, mendarat di Dili, di Bandara Internasional Presidente Nicolau Lobato di Ibu Kota Timor Leste kota pada pukul 2:20 siang waktu setempat. Setelah penerbangan tiga setengah jam dari Port Moresby.

Toyota Sienta yang ditumpangi Paus Fransiskus di Timor Leste tampaknya merupakan trim Q. Diketahui, Toyota Sienta terbagi ke dalam beberapa tipe. Ada tipe Sienta E, G, V, dan Q. Masing-masing tipe mobil Sienta ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Sienta tipe Q merupakan varian tertinggi dari Toyota Sienta. Kelengkapan fiturnya juga paling baik dari tipe Sienta lainnya. Demikian juga dengan fitur keselamatannya.

Selain fitur-fitur yang ada pada semua tipe, khusus tipe Q fiturnya bertambah dengan VSC (Vehicle Stability Control) dan HSA (Hill Start Assist).

Berkat adanya fitur tersebut, manuver mobil saat berbelok bisa lebih terjaga. Saat menanjak juga anda tidak perlu khawatir mobil mundur akibat lambat memindahkan kaki dari rem. Khusus varian tipe Q, Sienta hanya menghadirkan 1 jenis transmisi saja, yaitu transmisi otomatis.

Sienta yang ditumpangi Paus Fransiskus adalah tipe Q merujuk pada desain dan adanya foglamp di bagian bemper dan velg yang dipakai. Terlihat bahwa profil bannya lebih tipis dengan diameter atau ring velg yang lebih lebar.

Model yang dipakai juga model lama yang belum mengalami facelift. Ya, Sienta sebelum akhirnya disuntik mati di Indonesia, sempat mengalami facelift terakhir sekitar tahun 2019.

Sekilas, Toyota Sienta tipe Q nyaris sama dengan tipe V. Misalnya, eksterior pelek yang disematkan memang serupa dengan tipe V yang dilengkapi dengan warna two tone berdiameter 16 inci. Power sliding door-nya juga sudah menggunakan teknologi elektrik pada kedua sisi.

Bedanya dengan Sienta tipe lain, lampu utama di tipe Q terdapat fitur auto levelling. Ketika menanjak, pada tipe Q sudah menggunakan lampu projector dengan lampu LED, lengkap dengan kemampuan menurun. Sehingga sorot lampu tidak akan mengganggu pengguna jalan lain. 

Pada bagian kabin, pengemudi mendapatkan MID (Multi Information Display) dengan layar warna berukuran 4,2 inci yang lebih atraktif.

Oh iya, untuk pasar Indonesia, Toyota Sienta generasi kedua diperkenalkan di Pameran Mobil Internasional Indonesia 2016 di Jakarta pada tanggal 7 April 2016. Mobil ini sudah mulai diproduksi secara massal di Toyota-Astra Motor Karawang Plant 2, Jawa Barat, pada akhir Juni 2016.

Sementara dari sisi mesin, Toyota Sienta menggunakan mesin NR-engine 1.500 cc dengan Dual VVT-i dan sudah diproduksi di Toyota Karawang Plant 3 yang diresmikan pada bulan Maret 2016.

Mobil ini bersaing langsung dengan Honda Freed di Indonesia, dan mulai dipasarkan di Indonesia pada tanggal 26 Juli 2016.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #pakai #mobil #rakyat #lagi #paus #fransiskus #tumpangi #toyota #sienta #saat #kunjungi #timor #leste #ingat #ingat #spesifikasinya

KOMENTAR