Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Asnawi Mangkualam Gantikan Rafael Struick sebagai Eksekutor Penalti di Laga Kontra Vietnam
Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP
09:30
20 Januari 2024

Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Asnawi Mangkualam Gantikan Rafael Struick sebagai Eksekutor Penalti di Laga Kontra Vietnam

Timnas Indonesia berhasil menumbangkan Vietnam, 1-0 dalam matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifah, Doha, Qatar, berkat gol Asnawi Mangkualam dari tendangan penalti, Jumat (19/1/2024) malam WIB. Namun, ternyata penendang penalti awalnya adalah Rafael Struick.

Penalti itu terjadi setelah Rafael Struick ditarik Nguyen Thanh Binh dan terjatuh di kotak terlarang pada menit ke-42. Setelah wasit menunjuk titik putih, Struick bersiap mengambil bola untuk melakukan tendangan.

Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFPBek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP

Disikut Pemain Vietnam, Jordi Amat Tinggalkan Lapangan dengan Hidung Berdarah

Namun, ternyata ada instruksi dari pinggir lapangan untuk mengganti algojo. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong meminta Asnawi Mangkualam yang melakukan tendangan.

Terbukti, keputusan juru taktik asal Korea Selatan itu terbilang tepat. Tembakan Asnawi tak mampu ditepis kiper Vietnam Filip Nguyen.

Shin Tae-yong melihat Asnawi Mangkualam memiliki kepercayaan diri yang lebih bagus. Dalam pertandingan tersebut, eksekutor penalti juga harus memiliki ketenangan yang baik.

“Memang benar saya arahkan pergantian pemain untuk mengambil tendangan penalti. Menurut saya Asnawi lebih percaya diri," kata Shin Tae-yong dilansir dari VN Express, Sabtu (20/1/2024).

"Dia punya feeling yang sangat baik terhadap bola, meski belum mencetak gol. Beruntung tendangan Asnawi akurat, membawa pulang kemenangan tim,” tambahnya.

Momen Wasit 'Curi' Bola Marselino Ferdinan, Laga Timnas Indonesia vs Vietnam Sempat Terhenti

Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam membuat peluang lolos ke-16 besar terbuka. Terkini, tim Merah Putih menduduki posisi tiga klasemen sementara Grup D dengan 3 poin.

Jumlah tersebut sama dengan Jepang yang menempati posisi dua, namun unggul jumlah gol. Adapun Jepang secara mengejutkan kalah dari Irak 1-2 di matchday kedua.

Catatan tersebut membuat partai hidup-mati akan tersaji di laga pamungkas Grup D antara Timnas Indonesia vs Jepang pada 24 Januari mendatang.

Sementara Vietnam dipastikan angkat koper. Namun, mereka masih punya satu laga sisa melawan Irak yang sudah dipastikan meraih satu tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023 berkat dua kemenangan atas Indonesia dan Jepang.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #alasan #shin #yong #tunjuk #asnawi #mangkualam #gantikan #rafael #struick #sebagai #eksekutor #penalti #laga #kontra #vietnam

KOMENTAR