SEA V League 2024: Jadikan Rivan Nurmulki Panutan, Dawuda Siapkan Smes Jedug untuk Meneror Lawan
Selebrasi penggawa Timnas voli putra Indonesia saat melawan Arab Saudi di AVC U20 2024 yang berlangsung di DBL Arena, Surabaya, Rabu (24/7/2024). Tino dan kolega menang 3-0. 
14:40
14 Agustus 2024

SEA V League 2024: Jadikan Rivan Nurmulki Panutan, Dawuda Siapkan Smes Jedug untuk Meneror Lawan

- Dawuda Alaihimassalam menceritakan dirinya sejak dini mengidolakan sosok Rivan Nurmulki. Debutan Timnas voli putra Indonesia di SEA V League 2024 ini siap mengisi kekosongan posisi opposite yang sementara ditinggalkan Rivan.

Pelatih Timnas voli putra Indonesia asuhan Li Qiujiang untuk SEA V League 2024 memanggil sejumlah debutan. Di antaranya ialah Dawuda.

Pevoli berusia 19 tahun ini mendapatkan kesempatan menjalani debutnya di level senior, setelah tampil memukai bersama tim voli putra U20 Indonesia pada kejuaraan AVC U20 Volleyball Championship 2024 beberapa waktu lalu.

Dawuda diproyeksikan mengisi posisi opposite, yang dalam satu tahun terakhir dihuni oleh Agil Angga Anggara dan Boy Arnez, akibat Rivan Nurmulki disanksi oleh PBVSI.

Rivan Nurmulki saat pertandingan Jakarta STIN BIN melawan Palembang Bank SumselBabel di Proliga 2024 yang berlangsung di GOR Jatidiri, Semarang, Sabtu (4/5/2024). Rivan Nurmulki saat pertandingan Jakarta STIN BIN melawan Palembang Bank SumselBabel di Proliga 2024 yang berlangsung di GOR Jatidiri, Semarang, Sabtu (4/5/2024). (Instagram @bin_volleyballclub)

Kin, Dawuda menjadi proyeksi masa depan Timnas voli Indonesia di sektor opposite. 

Pada SEA V League 2024, Dawuda akan bersaing dengan Agil Angga Anggara untuk mengamankan satu tempat utama.

"Kesan saya senang karena bisa menambah pengalaman untuk karier voli saya. Senang sekali bisa mendapat kesempatan bermain pada SEA V League," kata Dawuda, dikutip dari BolaSport.

"Dari Kejuaraan Voli Asia sempat istirahat dulu seminggu. Ada panggilann timnas, jadi langsung kesini (Sentul). Kalau untuk kekompakkan di tim ini sudah dapat."

Selama pemusatan latihan (TC) di Sentul, Dawuda merasa terbantu oleh para senior.

"Saya udah sering bertemu mereka seperti bang Boy (Arnez), Bang Dio (Zulfikri). Jadi, sisanya tinggal penyesuaian. Sekarang sudah dekat semua. Semuanya rata disini, kekeluargaan," terangnya melanjutkan.

Dawuda juga berhasil menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang terpilih dalam peghargaan individu sebagai opposite terbaik pada Kejuaraan Voli Asia U20 2024.

"Jadi salah satu yang terbaik pada turnamen U20 itu menjadi modal percaya dri untuk saya karena jadi menambah gelar saya," ucap Dawuda.

Disinggung menyoal posisinya sebagai opposite, Dawuda sedari kecil sangat mengidolakan sososk Rivan Nurmulki, bahkan menjadikan pevoli asal Jambi itu sebagai panutan.

"Panutan saya mas Rivan (Nurmulki) karena posisinya sama dengan saya (opposite). Dari kecil sering melihat dia dan permainannya bagus," cerita Dawuda.

Dawuda dan Agil Angga Anggara akan menjadi andalan sebagai opposite pada SEA V League 2024.

Rivan tidak dipanggil timnas karena mendapat sanksi dari PBVSI setelah dianggap lebih mengutamakan turnamen dalam negeri daripada tampil memperkuat timnas tahun lalu.

Rivan mendapat hukuman tidak boleh bertanding dengan timnas voli putri Indonesia selama setahun.

Mengetahui Dawuda menjadi tumpuan di posisi serangan bersama Agil, dia tidak merasa terbebani.

"Sudah dipilih untuk SEA V League, tidak ada rasa beban sama sekali," kata Dawuda Alaihimassalam

Daftar 14 Pemain Timnas Voli Putra Indonesia di SEA V League 2024

1. Rendy Tamamilang (Jatim)
2. Yudha Mardiansyah Putra (Jatim)
3. Alfin Daniel Pratama (Jatim)
4. Agil Angga Anggara (Jatim)
5. Kristoforus Sina (Jatim)
6. Fahreza Rakha Abhinaya (Jatim)
7. Farhan Halim (Jabar)
8. Boy Arnez Arabi (Jabar)
9. Hendra Kurniawan (Jabar)
10. Prasojo (Jabar)
11. RD Ahmad Gumilar (Jabar)
12. Dio Zulfikri (DKI)
13. Dawuda Alahimassalam (DKI)
14. Fahri Septian Putratama (DIY)

Ofisial:

1. Li Qiujiang - Pelatih
2. Koko Prasetyo Darkuncoro (DIY) - Ass. Pelatih
3. Anwar Sadat (Jabar) Ass. Pelatih
4. Tarsono (DKI) Pelatih Fisik.

(Tribunnews.com/Giri)(BolaSport/Delia Mustikasari)

Editor: Dwi Setiawan

Tag:  #league #2024 #jadikan #rivan #nurmulki #panutan #dawuda #siapkan #smes #jedug #untuk #meneror #lawan

KOMENTAR