Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023
Bek timnas Indonesia #14 Asnawi Mangkualam mencetak gol pertama timnya dari titik penalti pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP
08:24
20 Januari 2024

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Timnas Indonesia menjaga peluang untuk melangkah ke 16 besar Piala Asia 2023 usai mengalahkan Vietnam dalam matchday kedua Grup D pada Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha itu, skuad Garuda berhasil mempecundangi Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Timnas Indonesia dicetak oleh sang kapten, Asnawi Mangkualam. Pemain berposisi bek sayap itu mencatatkan namanya di papan skor lewat titik putih pada menit ke-42.

Tim asuhan Shin Tae-yong mendapat hadiah penalti setelah striker Rafael Struick dijatuhkan pemain The Golden Star Warriors di kotak terlarang.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia mengakhiri kutukan saat berjumpa Vietnam. Ini merupakan hasil positif pertama sejak kali terakhir menumbangkan lawannya itu pada 2016.

Bagi pelatih Shin Tae-yong, kemenangan ini juga sangat berarti. Ini adalah kali pertama juru taktik asal Korea Selatan itu mengalahkan Vietnam saat memimpin Timnas Indonesia di level senior.

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB. [K JAAFAR / AFP]Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam merayakan golnya ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB. [K JAAFAR / AFP]

Sebelumnya, dalam empat pertemuan dengan Vietnam, Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong gagal menang dengan rincian dua imbang dan dua kalah.

Bahkan, dalam periode tersebut, Timnas Indonesia tidak mampu mencetak gol sama sekali.

Selain memberikan banyak dampak positif dari segi moral, kemenangan atas Vietnam juga memperpanjang napas Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Skuad Garuda kini menduduki peringkat tiga klasemen Grup D dengan koleksi tiga poin, setara Jepang tetapi kalah selisih gol.

Situasi itu membuat Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan bakal menghadapi laga hidup mati kontra Jepang dalam matchday terakhir Grup D pada 24 Januari mendatang.

Hitung-hitungan Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023

Secara sederhana, Timnas Indonesia hanya perlu menang atas Jepang untuk menemani Irak melangkah ke fase knock-out Piala Asia 2023.

Namun, di atas kertas, Jepang jelas menjadi tim yang lebih dijagokan untuk menang atas Timnas Indonesia.

Jepang merupakan tim Asia dengan ranking FIFA terbaik yang mendempati urutan 21 dunia. Sementara Indonesia masih terseok-seok di peringkat 146.

Andai tak mampu mengalahkan Jepang, skuad Garuda masih memiliki peluang lolos dengan catatan bisa menahan imbang tim berjuluk Samurai Biru itu.

Tambahan satu poin akan membuat Timnas Indonesia memiliki poin empat di akhir klasemen Grup D dan berpotensi untuk lolos ke 16 besar lewat jalur salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hitung #hitungan #timnas #indonesia #lolos #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR