Sosok Mitsuru Maruoka, Pencetak Gol Bali United ke Gawang Persik: Eks Anak Asuh Jurgen Klopp
Bali United unggul sementara 1-0 atas Persik di pekan I BRI Liga 1 2024/2025. Gol Bali United dicetak oleh pemain asal Jepang Mitsuru Maruoka di menit ke-18.
16:36
11 Agustus 2024

Sosok Mitsuru Maruoka, Pencetak Gol Bali United ke Gawang Persik: Eks Anak Asuh Jurgen Klopp

Bali United unggul sementara 1-0 atas Persik di pekan I BRI Liga 1 2024/2025. Gol Bali United dicetak oleh pemain asal Jepang Mitsuru Maruoka di menit ke-18.

Memanfaatkan kesalahan bek Persik, gelandang berusia 28 tahun itu mampu merobek gawang Persik Leonardo Navacchio. 1-0 Bali United memimpin.

Sayangnya, Maruoka tak bisa melanjutkan pertandingan karena kemudian ia alami cedera dan digantikan oleh Kenzo Nambu.

Maruoka didatangkan Bali United dari RANS FC pada Juli 2024. Konon, Bali United keluarkan dana mencapai Rp5,21 miliar demi bisa dapatkan Maruoka.

Baca Juga: Ze Valente Kapten! Ini Susunan Pemain Persik Kediri vs Bali United

Pemain RANS Nusantara FC, Mitsuru Maruoka (kiri). [dok. LIB]Pemain RANS Nusantara FC, Mitsuru Maruoka (kiri). [dok. LIB]

RANS FC sendiri jadi klub pertama Maruoka di Indonesia. Dua musim berada di Indonesia, bisa dibilang ia pemain Jepang yang cukup cepat beradaptasi.

Sebelum bermain di BRI Liga 1, karier Maruoka berawal dari salah satu klub elit Jepang, Cerezo Osaka. Ia mengawali kariernya di tim U-18 Cerezo Osaka pada 2014.

Sempat menembus tim utama di musim 2013/2014, Maruoka mendapat kesempatan untuk bermain di Eropa dengan dipinjamkan ke tim junior Borussia Dortmund.

Mengutip dari laman Transfermarkt, Maruoka sempat 10 menit bermain di laga Bundesliga. Pada 20 September 2014, ia dimainkan Jurgen Klopp saat Dortmund melawan Mainz 05.

Saat itu, ia masuk menggantikan Sven Bender di menit ke-80. Uniknya di laga tersebut, ada tiga pemain Jepang yang bertanding.

Baca Juga: Daftar Susunan Pemain PSIS Semarang vs Persita Tangerang, Sama-sama Ngegas!

Selain Maruoka, di Dortmund juga ada Shinji Kagawa sementara di Mainz 05 ada Shinji Okazaki yang mencetak gol di laga tersebut.

Sayang bagi Maruoka, ia hanya satu kali dimainkan oleh Klopp di Bundesliga. Namun di tim kedua Dortmun, ia cukup sering mendapat kesempatan bermain.

Bahkan Maruoka sempat mencetak gol untuk tim U-19 Dortmund saat melawan Galatasaray di Liga Champions U-19 musim 2014/2015.

Total Maruoka mencetak 39 caps bersama tim kedua Dortmund dan mencetak 4 gol serta 2 assist. Setelah dari Dortmund, ia kembali ke Cerezo Osaka.

Pada 2020, ia sempat tanpa klub hingga akhirnya bermain di Liga Thailand bersama Pathum United.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #sosok #mitsuru #maruoka #pencetak #bali #united #gawang #persik #anak #asuh #jurgen #klopp

KOMENTAR