Piala Asia 2023: 3 Pemain Timnas Indonesia Masuk ''Mata Elang'' Pelatih Vietnam, Jadi Incaran Nanti Malam?
Berdasar rilis AFC, rerata tinggi badan pemain timnas Vietnam terhitung paling rendah. Hal ini berpotensi mendatangkan kesulitan di Piala Asia 2023. (vff.org.vn
15:48
19 Januari 2024

Piala Asia 2023: 3 Pemain Timnas Indonesia Masuk ''Mata Elang'' Pelatih Vietnam, Jadi Incaran Nanti Malam?

Pelatih Vietnam Philippe Troussier memberikan perhatian ke 3 pemain Timnas Indonesia jelang bentrok dengan skuadnya malam ini. Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah bin Khalifa pada hari Jumat (19/01/2024) pukul 21.30 WIB.

Baik Timnas Indonesia atau pun Vietnam diprediksi bakal ngotot meraih kemenangan setelah mengalami kekalahan pada matchday pertama. Vietnam harus mengakui keunggulan Jepang dengan skor 2-4, sementara Indonesia menyerah 1-3 dari Irak.

Dalam sesi konferensi pers yang digelar pada hari Kamis (18/01/2024), pelatih Vietnam, Philippe Troussier, menyoroti pentingnya pertandingan melawan Indonesia.

Philippe Troussier menganggap gol ke gawang Indonesia dan Irak jauh lebih penting dibandingkan ke Jepang (vff.org.vn)Philippe Troussier menganggap gol ke gawang Indonesia dan Irak jauh lebih penting dibandingkan ke Jepang (vff.org.vn)

Menurut Philippe Troussier ada tiga pemain Timnas Indonesia yang dianggapnya sebagai ancaman serius, yaitu Marselino Ferdinan, Yakob Sayuri, dan Rafael Struick.

"Pemain nomor 7, 11, dan 2 dari Indonesia sangat kuat dan memiliki semangat yang bagus," ujar Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Jepang itu.

Kata Philippe Troussier, mereka menunjukkan keseimbangan yang baik di lini tengah.

"Kami yakin bahwa ini akan menjadi pertandingan sulit bagi kami," tambahnya.

Troussier juga sadar bahwa pertandingan antara Vietnam dan Timnas Indonesia tidak hanya sebatas perburuan tiga poin, melainkan juga mencakup unsur rivalitas.

"Vietnam dan Indonesia adalah dua negara di Asia Tenggara, dan persaingan di antara kami cukup kuat," ungkap Troussier.

"Kami perlu bersiap secara fisik dan mental karena kami telah bertemu beberapa kali sebelumnya. Timnas Indonesia memiliki semangat yang luar biasa, terutama terlihat dalam pertandingan melawan Irak," sambungnya.

Data head to head Timnas Indonesia vs Vietnam

Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Jumat (19/1/2024) malam WIB. Kedua tim sama-sama gagal meraih kemenangan pada laga pembuka, dengan Indonesia kalah 1-3 dari Irak dan Vietnam takluk 2-4 dari Jepang.

Pertemuan ini bukan yang pertama bagi kedua tim, sebelumnya mereka telah bertemu 27 kali dengan delapan kemenangan untuk Indonesia, delapan kemenangan untuk Vietnam, dan 11 pertandingan berakhir imbang.

Prestasi Timnas Indonesia di tingkat Asia masih tertinggal dari Timnas Vietnam. Tim Garuda belum pernah mencapai prestasi memuaskan baik di Piala AFF maupun Piala Asia.

Di Piala AFF, Timnas Indonesia hanya pernah menjadi runner-up sebanyak enam kali, yaitu pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2020.

Sementara di Piala Asia, Indonesia telah lolos ke putaran final sebanyak empat kali, tetapi selalu terhenti di fase grup.

Piala Asia 2023 menjadi partisipasi kelima bagi Timnas Indonesia, dan pencapaian mereka di ajang tersebut patut dinantikan.

Sementara itu, Timnas Vietnam telah menunjukkan kemampuannya untuk bersaing di tingkat Asia.

Saat masih dikenal sebagai Vietnam Selatan, mereka berhasil finis di peringkat keempat pada dua kesempatan, yaitu pada 1956 dan 1960.

Setelah berubah nama menjadi Vietnam, Timnas ini berhasil mencapai perempat final pada dua edisi, yaitu pada 2007 dan 2019.

Menatap Piala Asia 2023, Timnas Vietnam bertekad untuk mencatatkan pencapaian yang lebih baik.

Prestasi lebih gemilang berhasil diraih oleh Timnas Vietnam di Piala AFF.

Dengan partisipasi sejak 1996, Vietnam sukses meraih dua gelar juara pada tahun 2008 dan 2018.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #piala #asia #2023 #pemain #timnas #indonesia #masuk #mata #elang #pelatih #vietnam #jadi #incaran #nanti #malam

KOMENTAR