Striker Timnas Indonesia Rp 13 Miliar Pernah Jadi Top Skor di Liga Australia, Jejaknya Bakal Diikuti Marselino Ferdinan?
Marselino Ferdinan dianggal layak untuk direkrut klub Liga Australia. (Instagram/@marselinoferdinan10)
13:12
20 Juli 2024

Striker Timnas Indonesia Rp 13 Miliar Pernah Jadi Top Skor di Liga Australia, Jejaknya Bakal Diikuti Marselino Ferdinan?

Ternyata timnas Indonesia pernah memiliki striker yang menyandang status top skor di Liga Australia. Ia adalah Sergio van Dijk.

Sebagaimana diketahui, Sergio van Dijk merupakan pemain naturalisasi timnas Indonesia. Ia melakoni debut bersama skuad Garuda ketika melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Asia 2015.

Dari catatan Transfermarkt, striker asa Belanda ini tidak banya bermain untuk timnas Indonesia. Ia hanya mencatatkan lima caps dan hanya mengoleksi satu gol saat melawan Timor Leste di uji coba.

Walau begitu, di puncak masa kejayaannya, Sergio van Dijk ternyata pernah menjadi top skor Liga Australia.

Baca Juga: Bukan Oxford United, Marselino Ferdinan Justru Berpeluang Ikuti Jejak Pelatih Tottenham Hotspur

Diketahui sosok yang kini berusia 41 tahun tersebut memulai karier sepak bola di Belanda dari FC Groningen, Helmond Sportm hingga FC Emmen.

Akan tetapi, ia melanjutkan petualangan di Australia bergabung Brisbane Roar pada 2008 dan menghabiskan waktunya dua musim.

Selanjutnya Sergio van Dijk diboyong oleh Adelaide United. Di sanalah, eks Persib Bandung itu menjadi top skor Liga Australia musim 2010/2011 dengan mencetak 16 gol.

Menariknya jejak karier Sergio van Dijk bisa diikuti oleh pemain muda timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Sebab, jurnalis Australia bernama Joey Lynch mengungkapkan pemain berusia 19 tahun ini bisa diboyong oleh tim asal Negeri Kanguru.

"Perlu diketahui bahwa penyerang Indonesia berusia 19 tahun Marselino Ferdinan berstatus bebas transfer. Starter reguler yang mencetak gol di Piala Asia," tulis Joey Lynch dilansir Suara.com.

Baca Juga: Meski Berstatus Bebas Transfer, Klub yang Gaet Marselino Ferdinan Harus Bayar Kompensasi ke KMSK Deinze?

"Klub-klub A-League bisa saja mengalami hal yang lebih buruk. Pemain berbakat dengan potensi nilai jual kembali yang bagus," tambahnya.

Menarik dinantikan apakah ada tim Australia yang akan mengontrak Marselino Ferdinan. Atau ia justru masih melanjutkan kariernya di Eropa.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #striker #timnas #indonesia #miliar #pernah #jadi #skor #liga #australia #jejaknya #bakal #diikuti #marselino #ferdinan

KOMENTAR