Biodata Kim Pan-gon, Resmi Mundur karena Keinginan Tiru Shin Tae-yong Tak Dituruti Malaysia?
Pelatih Malaysia asal Korea Selatan, Kim Pan-gon meneriakkan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan selama pertandingan Grup E Piala Asia 2023 antara Korea Selatan vs Malaysia di Stadion Al-Janoub di al-Wakrah, selatan Doha, pada 25 Januari. 2024. HECTOR RETAMAL / AFP.
18:48
16 Juli 2024

Biodata Kim Pan-gon, Resmi Mundur karena Keinginan Tiru Shin Tae-yong Tak Dituruti Malaysia?

Keputusan Kim Pan-gon mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Malaysia disebut-sebut karena keinginannya untuk meniru kebihakan Shin Tae-yong tak dituruti Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Kim Pan-gon telah resmi meletakkan jabatannya sebagai pelatih Timnas Malaysia. Ini menjadi bentuk pertanggungjawabannya lantaran prestasi skuad Harimau Malaya tak cukup memuaskan selama beberapa waktu terakhir.

"Hari ini saya memiliki pesan sedih dan menyesal untuk dibagikan kepada semua orang. Hari ini, saya telah memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pelatih kepala tim sepak bola nasional Malaysia karena komitmen pribadi saya. Saya meminta maaf atas kekecewaan yang mungkin telah terjadi kepada semua orang," ujar Kim Pan-gon.

Mantan pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon (kanan). [Dok. AFP]Mantan pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon (kanan). [Dok. AFP]

Sejumlah pihak berspekulasi bahwa keputusan ini tak terlepas dari keinginan Kim Pan-gon yang tak dituruti oleh FAM. Sebab, dia sempat mengajukan proses naturalisasi pemain keturunan seperti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Baca Juga: Lama Tak Dipanggil STY, Gelandang Rp5,21 M Ini Dinilai Salah Satu Pemain Aboard Paling Sukses Berkarier di Luar Negeri

Menurut Kim, butuh waktu yang lama bagi Malaysia untuk memperbaiki sistem pembinaan pemain muda. Salah satu strategi jangka pendek yang bisa ditempuh ialah berburu pemain keturunan di Eropa.

“Upaya lain mungkin kita bisa mencontoh (cara) pelatih-pelatih Timnas Indonesia yang terbang ke Eropa untuk mencari pemain keturunan,” ujar mantan juru taktik Timnas Hong Kong tersebut.

tapi bagi saya kebutuhan utamanya adalah sistem pengembangan yang menghasilkan pemain-pemain lokal terbaik. Setelah itu, upaya selanjutnya adalah dengan strategi bersaing (dengan tim lain),” tambah Kim Pan-gon. 

Biodata Kim Pan-gon

Nama: Kim Pan-gon

Baca Juga: Alasan Mengejutkan Indra Sjafri Coret Ji Da Bin dari Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2024

Tanggal lahir: 1 Mei 1969 (55 Tahun)

Tempat lahir: Jinju, Korea Selatan

Tinggi: 183 Cm

Pekerjaan: Pelatih

Karier pemain

Posisi: Winger Kiri

Klub yang dibela: Ulsan Hyundai, Jeonbuk Hyundai Motors, Instant-Dict, Double Flower, dan Buler Rangers

Tim Nasional: -

Karier pelatih/manajerial

Klub: Buler Rangers, Busan I'Park (asisten), South China, Hong Kong U-23, Hong Kong, Gyeongnam FC (asisten), Hong Kong U-23, Hong Kong, Korea Selatan (Direktur Teknik), Malaysia.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #resmi #mundur #karena #keinginan #tiru #shin #yong #dituruti #malaysia

KOMENTAR