Tanpa Ragu, Pelatih Australia Pede Tumbangkan Timnas Indonesia Dua Kali di Kualifikasi Piala Dunia 2026
Para pemain Timnas Australia. (X @Socceroos)
16:54
28 Juni 2024

Tanpa Ragu, Pelatih Australia Pede Tumbangkan Timnas Indonesia Dua Kali di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Persaingan ketat di Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tak membuat pelatih Timnas Australia, Graham Arnold pusing. Ia percaya diri dengan kans Australia lolos, termasuk dengan mengalahkan Timnas Indonesia dua kali.

The Socceroos --julukan Australia-- harus bertarung melawan raksasa Asia, Jepang, untuk mendapatkan tiket langsung lolos ke Piala Dunia 2026, namun pelatih Graham Arnold enggan terlalu ambil pusing.

Arnold enggan membuang energi untuk terlalu mengkhawatirkan Jepang, yang merupakan tim peringkat teratas Asia, di Grup C ini.

Pelatih Australia Graham Arnold memberikan instruksi kepada para pemainnya dari pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Grup D Piala Dunia 2022 Qatar antara Prancis dan Australia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada 22 November 2022. Permata SAMAD / AFPPelatih Timnas Australia, Graham Arnold. [Permata SAMAD / AFP]

Terakhir kali Socceroos merasakan kemenangan melawan juara Asia empat kali itu adalah pada tahun 2009, namun Arnold tampaknya tidak tertarik untuk merevisi sejarah.

Arnold dengan tegas jika Australia hanya mengincar peringkat kedua di klasemen akhir Grup C, dan nantinya tetap lolos ke Piala Dunia 2026 di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

Arnold berencana fokus mengalahkan negara-negara lainnya di Grup C yakni Arab Saudi, Bahrain, China, dan Indonesia.

Untuk Timnas Indonesia, Arnold secara tersirat tampak menyepelekan skuad Garuda di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

Pelatih Australia berusia 60 tahun itu pede bisa meraup 6 poin dari laga kandang dan tandang melawan Timnas Indonesia nanti,

“Jepang adalah tim yang bagus, akan jadi laga yang berat. Tapi, yang penting, sangat-sangat penting, adalah mengalahkan tim-tim di bawah kami,” kata Arnold dilansir dari media Australia, FTBL, Jumat (28/6/2024).

“Jika kami mengalahkan Saudi, mengalahkan Bahrain, mengalahkan China, kami harusnya baik-baik saja. Lalu kami mengalahkan Indonesia dua kali, kami akan langsung ke Piala Dunia 2026," sesumbar sang juru taktik.

Pemain Timnas Indonesia Thom Haye berselebrasi usai mencetak gol dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Para pemain Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. [Suara.com/Alfian Winanto]

Tim yang finis ketiga dan keempat di grup pada putaran ketiga ini setelah pertandingan kandang dan tandang dari September hingga Juni tahun depan akan dimasukkan ke babak penyisihan grup berikutnya.

Jepang membuat Australia harus melalui fase yang panjang tersebut pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu.

Australia memang butuh perjalanan yang panjang untuk lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pada akhirnya, setelah memenangi laga play-off hidup mati antarkonfederasi melawan Peru, Australia berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Australia bahkan lolos ke babak 16 besar sebelum dihentikan oleh Argentina yang akhirnya menjadi juara.

"Harapan dan tujuan saya pada kualifikasi kali ini adalah lolos langsung," kata Arnold.

“Tidak ada seorang pun yang ingin melewati babak play-off. Tidak ada seorang pun yang ingin melalui adu penalti lagi," tukasnya.

Socceroos akan memulai kiprah di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan laga kandang menghadapi Bahrain pada 5 September 2024, sebelum away menghadapi Timnas Indonesia pada 10 September.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #tanpa #ragu #pelatih #australia #pede #tumbangkan #timnas #indonesia #kali #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR