Media Malaysia Turut Soroti Timnas Indonesia Masuk Grup Maut di Kualifikasi Piala Dunia, Dihimpit Para Raksasa Asia
Timnas Indonesia tergabung di Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China setelah drawing digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6/2024). [Mohd RASFAN / AFP]
22:12
27 Juni 2024

Media Malaysia Turut Soroti Timnas Indonesia Masuk Grup Maut di Kualifikasi Piala Dunia, Dihimpit Para Raksasa Asia

Media Malaysia, Stadium Astro turut menyoroti Timnas Indonesia yang tergabung dalam grup maut di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga. Tim Garuda disebut dihimpit para raksasa Asia.

Dari hasil drawing yang digelar hari ini, Timnas Indonesia masuk Grup C bersama tiga raksasa Asia langganan Piala Dunia, Jepang, Australia dan Arab Saudi.

Tak ketinggalan, ada juga dua negara kuat Asia lainnya, Bahrain dan China.

Timnas Indonesia merupakan negara dengan peringkat FIFA terendah di Grup C Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yaitu ranking 134.

Baca Juga: Head to Head Timnas Indonesia Kontra Bahrain dan China, 2 Lawan Paling Realistis di Grup C Kualifikasi Piala Dunia

China yang ada di pot 5 pada drawing berperingkat 88 dunia, sementara Bahrain yang ada di pot 4 berada di ranking 81.

Arab Saudi yang berada di pot 3, yang pada Piala Dunia 2022 Qatar mengalahkan Argentina pada laga pembuka, berada di peringkat 56 dunia.

Sementara itu, dua tim Grup C dengan peringkat tertinggi adalah Jepang dan Australia.

Jepang merupakan negara dengan peringkat dunia tertinggi dari semua kontestan Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan peringkat 17 dunia, sedangkan Australia berada di ranking 23.

Drawing Timnas Indonesia di Round 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia mengundang reaksi dari media-media lain di Asia Tenggara. Sebab, Indonesia menjadi satu-satunya 'wakil' Asia Tenggara di fase ini.

Baca Juga: Eks Striker Jepang Bahas Grup Neraka Kualifikasi Piala Dunia, Sama Sekali Tak Singgung Timnas Indonesia

Salah satunya datang dari media Malaysia, Stadium Astro. Mereka menulis pemberitaan terkait masuknya Timnas Indonesia ke Grup C.

Stadium Astro mengulas hasil undian dengan judul "Kelayakan Piala Dunia: Indonesia dalam Kumpulan C bersama pasukan gergasi Indonesia".

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, judul artikel itu berbunyi; "Kualifikasi Piala Dunia: Indonesia Masuk Grup C bersama Tim-tim Raksasa Asia".

Dalam ulasannya, Stadium Astro tidak terlalu banyak memberikan pendapat mereka terkait Grup C ini.

Mereka hanya menjabarkan bahwa Timnas Indonesia akan berada satu grup dengan Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain dan China. Mereka tidak memberikan analisa seberapa jauh skuad Garuda senior akan melangkah di babak ketiga ini.

Jadwal Timnas Indonesia di Grup C kualifikasi Piala Dunia round 3. (X/@Indostransfer)Timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Dunia zona Asia. (X/@Indostransfer)

"Timnas Indonesia dihimpit oleh lima raksasa Asia di round 3. Menarik menanti kiprah Garuda di fase ini dengan skuad mereka saat ini," tulis Stadium Astro dalam artikel yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Putaran ketiga sendiri akan dimainkan dengan format penyisihan grup kandang-tandang yang dimulai pada September 2024 sampai Juni 2025.

Dua tim teratas dari masing-masing tiga grup (total enam tim) nantinya langsung melaju ke Piala Dunia 2026, yang pertama kalinya akan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat.

Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat.

Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim dengan pertandingan yang akan dimainkan pada bulan Oktober dan November 2025, di mana dua negara berikutnya yang merupakan peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket lolos otomatis.

Timnas Indonesia sendiri akan memulai kampanye di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga pada 5 September 2024 nanti.

Tim Garuda asuhan pelatih Shin Tae-yong akan tandang ke Arab Saudi untuk matchday pertama ini.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #media #malaysia #turut #soroti #timnas #indonesia #masuk #grup #maut #kualifikasi #piala #dunia #dihimpit #para #raksasa #asia

KOMENTAR