Timnas Indonesia Lega! Media Korea Selatan Umumkan Shin tae-yong Tidak Masuk Daftar Pelatih Korsel yang Diunggulkan
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) menjawab pertanyaan pewarta pada konferensi pers setelah pertandingan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)
10:54
25 Juni 2024

Timnas Indonesia Lega! Media Korea Selatan Umumkan Shin tae-yong Tidak Masuk Daftar Pelatih Korsel yang Diunggulkan

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ternyata tidak masuk sebagai calon pelatih Timnas Korea Selatan unggulan. Hal itu diumumkan Media Korea Selatan Wikitree dari koran Korsel JoongAng Ilbo.

Disebutkan dalam tulisan itu jika kemungkinan ada 2 orang yang paling kuat akan melatih Timnas Korea Selatan. Semuanya pelatih lokal.

"JoongAng Ilbo memperkirakan salah satu calon pelatih domestik, mantan pelatih sementara tim sepak bola nasional Kim Do-hoon dan pelatih Ulsan DH Hong Myung-bok, kemungkinan besar akan terpilih sebagai pelatih tim sepak bola nasional berikutnya," tulis wikitree.

Namun media itu juga tidak menutup mata jika isu Shin Tae-yong menjadi calon pelatih Korsel sangat kencang.

Baca Juga: Erick Thohir Kasih Pesan ke STY yang Tak Hadir Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Dikatakan, kemungkinan Shin Tae-yong, pelatih timnas sepak bola Indonesia yang belakangan disebut-sebut sebagai 'kartu kejutan' oleh sebagian komunitas sepak bola dalam negeri, ditunjuk menjadi pelatih timnas sepak bola berikutnya juga tidak menutup kemungkinan."

Shin Tae-yong merayakan lolosnya timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 (the-afc.com)Shin Tae-yong merayakan lolosnya timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 (the-afc.com)

Sebelumnya, Media Korea Selatan, Best Eleven, melaporkan bahwa Shin Tae-yong masuk dalam kandidat pelatih baru Timnas Korea Selatan.

Hal ini tidak lepas dari performa apik Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Best Eleven menurunkan artikel berjudul "Tajuk Sepak Bola Kim Tae-sok: Nama yang Jarang Disebut untuk Calon Pelatih Tim Nasional Berikutnya, Siapa pun yang Dipilih Akan Mendapat Perhatian Besar" pada Kamis (20/6/2024).

Artikel tersebut membahas tentang garis besar pelatih Korea Selatan selanjutnya setelah Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) memecat Jurgen Klinsmann pada Februari 2024.

Baca Juga: Media Korsel Sorot Pernyataan Erick Thohir Tak Keberatan Jika Shin Tae-yong Memilih Jadi Pelatih Korea Selatan

Saat ini, Korea Selatan ditangani oleh Kim Do-hoon sebagai caretaker.

Sejak Februari 2024, berbagai laporan menyebutkan bahwa KFA mempertimbangkan pelatih lokal untuk menggantikan Klinsmann.

Selain Shin Tae-yong, Kim Do-hoon dan nakhoda Ulsan Hyundai juga masuk dalam kandidat.

Pada Mei 2024, seorang pelatih Liga Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan pendapatnya bahwa Shin Tae-yong adalah pilihan yang paling masuk akal jika KFA kesulitan memilih pelatih asing dan pelatih Korea Selatan di K-League tidak bisa dipilih.

Alasannya, Shin Tae-yong telah menunjukkan kemampuannya di level internasional dengan membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Selain itu, kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia akan berakhir pada bulan ini, sehingga dia memiliki peluang untuk kembali ke Korea Selatan.

Namun, Kim Tae-sok juga menyinggung masalah gaji yang bisa menjadi penghalang bagi Shin Tae-yong untuk melatih Timnas Korea Selatan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #timnas #indonesia #lega #media #korea #selatan #umumkan #shin #yong #tidak #masuk #daftar #pelatih #korsel #yang #diunggulkan

KOMENTAR